Percobaan Bunuh Diri Remaja Meningkat, UI Luncurkan Program Persebaya

Program Persebaya adalah dengan melakukan stimulasi tumbuh kembang psikologis remaja yang dilanjutkan dengan pembentukan peer leadership.

Pelaksanaan program Persebaya oleh Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI). (Foto: Humas UI)

JABARNEWS | DEPOK - WHO mencatat dalam setiap 40 detik, ada satu korban meninggal disebabkan bunuh diri. Percobaan bunuh diri ini pun tak hanya sering dilakukan oleh orang dewasa, namun juga menimpa remaja.

Sejumlah Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memperkenalkan program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) berupa Pemberdayaan Teman Sebaya (Persebaya) untuk mencegah bunuh diri pada kalangan remaja.

Baca Juga:

Transjakarta Rilis Desain Metrotrans yang Beroperasi di Kampus UI

Universitas Indonesia Kembangkan Sekolah Sehat di Depok



"Fenomena bunuh diri yang rentan dilakukan oleh para remaja menjadi latar belakang digalakkannya program ini," kata Ketua Pengmas FIK UI Prof. Dr. Budi Anna Keliat di kampus UI Depok, Senin (29/7/2019).

Menurut dia, intervensi dalam program Persebaya adalah dengan melakukan stimulasi tumbuh kembang psikologis remaja yang dilanjutkan dengan pembentukan peer leadership.

FIK UI melibatkan para guru dalam pendampingan remaja dan dilanjutkan dengan pendampingan serta penilaian dari tim pengmas FIK UI dan Puskesmas Mulyaharja.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kematian Remaja Bunuh Diri Universitas Indonesia Puskesmas Mulyaharja

berita terkait

UI Menggagas Menghidupkan Kembali Tenun Tidore

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi