bjb

Bupati Purwakarta Lantik Kades Hasil PAW

Pelantikan 3 Kepala desa hasil Pilkades PAW. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Kades terpilih hasil Pemilihan Kepala Antar (Pilkades) Pemilihan Antar Waktu (PAW) tiga Desa, di Kabupaten Purwakarta dilantik oleh Bupati, Senin (29/7/2019). 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Pandadinata, mengatakan pemilihan kepala desa ini merupakan amanat dari peraturan perundang-undangan yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan proses demokrasi di tingkat desa.

"Tadi 3 kepala hasil Pilkades PAW yang di gelar kemarin (Minggu,28/7/2019) resmi di lantik tadi oleh Bupati Purwakarta, Ambu Anne Ratna Mustika di Pemkab Purwakarta," kata Panda sapaan karibnya.

Menurutnya, Pemilihan kepala desa harus dimaknai sebagai sebuah proses awal guna mewujudkan cita-cita pembangunan di desa yaitu terwujudnya masyarakat desa yang sejahtera, maju dan mandiri.

"Ambu Anne berpesan kepada kepala desa yang baru saja dilantik bahwa terpilihnya 3 kepala desa pada proses musyawarah desa yang lalu, merupakan tonggak awal bagi 3 kepala desa yang baru untuk melanjutkan upaya-upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa," jelas Panda, saat dihubungi melalui selulernya.

Panda menjelaskan, seiring dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang desa, bahwa desa tidak lagi hanya sebagai objek pembangunan dari pemerintah, tetapi desa saat ini mempunyai peran penting subjek pembangunan yang mempunyai hak dan kewenangan mengatur urusan pemdes.

Dalam hal ini, kata dia, desa diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat desa.

Baca Juga:

Biaya Pilkades Serentak 89 Desa di Purwakarta Capai Rp. 7,9 Miliar

Kadis PMD Serdang Bedagai: TPS Pilkades Harus Rampung Sebelum Hari H

"Dimana besarnya anggaran yang dikelola oleh desa harus dimanfaatkan sebagai stimulan desa dan masyarakat, sehingga meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat desa yang mampu meningkatkan pendapatan asli desa," tuturnya.

Pengelolaan dana desa saat ini tengah menjadi perhatian serius dari berbagai pihak.

"Maka dari itu, Bupati mengharapkan seluruh stake holder desa untuk terus bersinergi melakukan pembinaan, serta mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa dan tata kelola keuangan desa yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan," jelasnya.

Untuk 3 kepala desa yang dilantik, ucap Panda, diantaranya, Engkos Kosasih, sebagai kepala desa Kertajaya Kecamatan Pasawahan, Wawan Juanda Desa Cipinang Kecamatan Cibatu dan Sumario sebagai Kepala Desa Gunung Hejo Kecamatan Darangdan.

"Selamat kepada kades yang diberikan amanah oleh masyarakat, kita hanya melegalkan supaya betul-betul sah. Silahkan laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, tugasnya cukup berat, Kelola ADD dengan baik," imbuhnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Pelantikan Kades Pilkades Serentak Pilkades PAW Anne Ratna Mustika Pemkab Purwakarta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa

berita terkait

Mantan Pemain Persib Ini Maju Dalam Pilkades Serentak

Bogor Mulai Garap Persiapan untuk Pilkades Serentak

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi