bjb

Transjakarta Rilis Desain Metrotrans yang Beroperasi di Kampus UI

Bus angkutan khusus di Kampus UI, Depok. (Foto: Kis/Jabarnews)

JABARNEWS | DEPOK - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), resmi merilis dua desain bus metrotrans yang akan beroperasi di kawasan Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. 

Bus khusus tersebut memiliki karakteristik pijakan rendah dan ramah disabilitas.

Kepala Divisi Corporate Secretary and Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan opsi pertama desain bus berwarna kuning di seluruh bodi dengan hiasan simbol grafis khas Transjakarta dan logo Universitas Indonesia di samping kanan dan kiri.

"Desain ini menggambarkan kerja sama kedua belah pihak, tanpa menghilangkan ciri khas dari masing-masing instansi," ujarnya di Depok, Senin (29/7/2019).

Sedangkan opsi kedua, kata Nadia, badan bus berwarna kuning khas Universitas Indonesia dengan aksen daun yang menggambarkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan grafis khas logo Transjakarta yang menggambarkan upaya pelayanan dan jangkauan semakin baik.

"Metrotrans ini nanti memiliki kapasitas 41 tempat duduk dan 27 penumpang posisi berdiri, serta satu ruang pengguna kursi roda. Jadi ini sangat ramah disabilitas," tuturnya.
Baca Juga:

Wow.. Alat Ini Bisa Cegah Kecanduan Internet Buatan Mahasiswa UI

Obat Alternatif Antikanker Serviks Ditemukan Mahasiswa UI


Menurut Nadia, dua opsi desain bus ini sekarang sedang dibahas di lingkungan UI untuk dapat dipilih satu desain yang akan direalisasikan. Keseluruhan bus sudah dilengkapi dengan OBU (On Board Unit) untuk menginformasikan lokasi dan keadaan sekitar bus ke ruang pusat kendali (command center) Transjakarta.

Saat ini, tambah Nadia bus tersebut sedang melakukan uji coba rute selama tujuh hari untuk mempelajari ritme perjalanan sebagai bahan evaluasi untuk memastikan keseluruhan rute dapat dilayani dengan baik.

"Kami akan mulai melayani civitas akademika Univeritas Indonesia mulai awal Agustus nanti," tandasnya. (Kis)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Bus Trans Jakarta Bus Metrotrans Universitas Indonesia Bus Ramah Disabilitas Depok Civitas Akademika

berita terkait

Klinik Digital Vikom UI: Berita Hoax Jadi Bencana Baru

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi