JMN Channel


Irigasi Cikondang Jebol, 14 Kecamatan di Cianjur Alami Kekeringan

Jebolnya saluran irigasi dari Sungai Cikondang menyebabkan 1.007 hektare areal persawahan tidak produktif. Kejadian itu juga membuat sebagian besar warga Cibeber kesulitan mendapat air bersih.

PLT Bupati Cianjur Herman Suherman meninjau lokasi pembuatan bronjong warga agar air sungai Cikondang masuk lagi ke saluran irigasi. (Foto: Tribun)

JABARNEWS | CIANJUR - Setelah saluran irigasi Cikondang jebol, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cianjur Herman Suherman ikut bergotong royong memasang bronjong di saluran irigasi bersama warga Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Senin (29/7/2019).

"Ini dilakukan sebagai upaya penanggulangan sementara untuk pengairan ke area persawahan akibatnya jebolnya irigasi teknis di wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan ratusan hektare area persawahan terancam gagal panen," kata Herman.

Baca Juga:

Menengok Keindahan Air Terjun Curug Perak di Naringgul Cianjur

Dinkes Cianjur Tingkatkan Penelusuran Covid-19, Angka Penularan Tinggi



Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Cianjur, ia mengatakan, mengupayakan penyediaan bronjong untuk mendukung pengaliran air ke persawahan yang menjadi terganggu karena saluran irigasi jebol.

Upaya itu dilakukan sebelum pemerintah membangun bendungan permanen yang diperlukan untuk mendukung pengairan lahan pertanian di Cikondang.

Menurut Bupati, jebolnya saluran irigasi dari Sungai Cikondang menyebabkan 1.007 hektare areal persawahan tidak produktif. Kejadian itu juga membuat sebagian besar warga Cibeber kesulitan mendapat air bersih.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Irigasi Jebol Pemasangan Bronjong Bupati Cianjur Sungai Cikondang Badan Penanggulangan Bencana Daerah Cianjur

berita terkait

Wisata Curug Aki Toto Cianjur, Surga Tersembunyi Bagi Para Pelancong

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi