Meriahkan Harganas ke-26, DPPKB Purwakarta Gelar Aneka Lomba

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, menggelar berbagai lomba dalam memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26. Puncak peringatan Harganas tingkat Kabupaten Purwakarta tersebut digelar di halaman kantor DPPKB di jalan Purnawarman Barat, Kelurahan Sindangkasih, Purwakarta, pada Selasa (30/7/2019).

Lomba yang digelar yaitu Jalan santai, Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), yel-yel KB, pidato kependudukan, lomba paduan suara, lomba menyanyi, Stand Up comedy dan banyak lagi.

“Berbagai lomba ini sengaja digelar untuk mempererat tali silaturahim dan memupuk rasa kebersamaan para kader dan para pejuang keluarga ini,” kata Sekertaris DPPKB Kabupaten Purwakarta, Fata Faridulhisan, saat ditemui disela-sela acara berlangsung.

Baca Juga:  Iko Uwais Dilaporkan ke Polisi, Ini Kasus yang Menjeratnya

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini rutin di gelar dan diperingati setiap tahun tersebut merupakan perwujudan kepedulian serta perhatian dari pemerintah pusat untuk menguatkan ketahanan, dan peningkatan kesehjahteraan keluarga di Indonesia.

“Semua disini dalam kegiatan ini orang-orang terbaik yang merupakan ujung tombak pemerintah daerah dalam mewujudkan keluarga yang tangguh di tengah masyarakat,” kata pria yang akarab disapa Fata itu.

Menurut Fata, keluarga merupakan landasan utama yang mempunyai peran penting dalam menggerakkan pembangunan suatu bangsa. Karenanya masyarakat diharapkan untuk lebih memberikan perhatian terhadap peran dan fungsi masing-masing anggota keluarga dalam suasana komunikasi dan interaksi yang harmonis.

Baca Juga:  Dispar Klain Arca Nandi Di Museum Sri Baduga Berasal Dari Pangandaran

“Berikan perhatian lebih terhadap peran dan fungsi masing-masing anggota keluarga dalam suasana komunikasi dan interaksi yang harmonis, sehingga kita bisa mewujudkan anak Purwakarta yang gesit, empati, berani, unggul dan sehat atau disingkat Genius,” jelasnya.

Fata menuturkan, melalui Harganas kekuatan masyarakat terutama keluarga akan terbangun. Sehingga akan menciptakan keluarga yang sejahtera.

“Dari keluargalah karakter seorang penerus bangsa akan terbentuk. Keluarga adalah landasan utama dalam menggerakkan pembangunan suatu bangsa dengan mengedepankan empat pendekatan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi,” imbuhnya.

Baca Juga:  Minta Draf RKUHP Dibuka ke Publik, Mahasiswa Ancam Aksi Besar 28 Juni

Sebagai bentuk motivasi dan semangat peserta dalam mengikuti sejumlah lomba, kata Fata, pihaknya menyediahkan beberapa hadiah, sebagai bentuk perhatian atas partisipasinya selama kegiatan.

“Hadiah merupakan sarana saja, yang paling utama adalah rasa saling memiliki dan kekompakan terjalin dengan baik di lingkup dunia kerja dan kemasyarakatan” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat