Pemprov Jabar Serius Cegah Informasi Negatif Dan Hoaks

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) terus berupaya dan berinovasi dalam mengelola informasi. Tujuannya, supaya masyarakat mendapatkan informasi yang baik dan akurat.

Gubernur Jabar Ridwan Kami mengatakan, salah tiga langkahnya dengan membentuk Jabar Saber Hoaks, sosial media Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Sapa Warga.

“Semata-mata memastikan informasi yang bergerak di masyarakat yang baik dan akurat,” ucap Gubernur saat ditemui usai acara pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ke-9 Komisi Informasi se-Indonesia di Hotel Courtyard Marriot, Kota Bandung, Senin (29/7/2019).

Baca Juga:  Berikut Ini 14 Tim Yang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Menurut Emil, informasi adalah hal krusial untuk masa depan bangsa. Apalagi, di era digital, arus informasi mengalir begitu deras yang berdampak banjirnya informasi negatif atau informasi bohong.

Baca Juga:  Lurah di Depok Gelar Resepsi Pernikahan Saat PPKM Darurat, Akhirnya Dipecat

“Menuju transparansinya (informasi) Insyaallah dengan adanya Komisi Informasi Pusat. Tapi, mengelola informasi yang negatif itu yang menjadi tantangan bersama,” ucapnya.

Plt. Sekretaris Komisi Informasi Pusat (KIP) Bambang Sigit Nugroho menjelaskan, Rakernis bertujuan untuk memperkuat koordinasi secara nasional dalam menjalankan tugas, fungsi, dan wewenang sekaligus penguatan implementasi keterbukaan informasi publik.

Baca Juga:  Deretan Polisi dalam Kasus Narkoba Bersama Irjen Teddy, dari Kapolsek hingga Mantan Kapolres

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja kontribusi nyata Komisi Informasi bagi pelaksanaan keterbukaan informasi publik,” katanya.

“Dan melalui Rakernis ini diharapkan para komisioner komisi informasi bisa saling bertukar pendapat untuk merumuskan hal-hal yang bisa memberikan kontribusi dalam penguatan keterbukaan informasi publik,” pungkasnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat