bjb

DPMD Purwakarta: PID Jembatani Kebutuhan Masyarakat Desa

Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) di Aula Desa Plered, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Selasa (30/7/2019). (Foto: Red/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta mengatakan Program Inovasi Desa (PID) bertujuan untuk menjembatani kebutuhan masyarakat desa. Selain itu PID juga sebagai sarana penyelesaian masalah dalam penggunaan dana Desa agar sesuai peruntukannya.

"Program Inovasi Desa juga diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif," kata Kepala DPMD Purwakarta melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa, Asep Suparman dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) di Aula Desa Plered, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Selasa (30/7/2019).

Asep menambahkan bahwa BID ini sebagai salah satu upaya membantu Kabupaten Purwakarta dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang didanai dana desa.

"Itu dilakukan dengan menyajikan inspirasi dan alternative pilihan kegiatan-kegiatan bagi pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif dan terbukti berhasil,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Tenaga Ahli Tenaga Pendamping Desa Kabupaten Purwakarta, Arief Syahid Hidayat menambahkan, Bursa Inovasi Desa sebagai forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Purwakarta atau Jawa Barat, guna menggali potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Jangan takut berinovasi demi mensejahterakan masyarakat banyak. Pemerintah dan Tenaga Pendamping Profesional siap mendampingi para aparatur apabila ada kendala dalam hal melakukan inovasinya,” kata Arief.

Baca Juga:

Inilah Bumdesa Juara Tingkat Kabupaten Purwakarta 2019

Wabup Purwakarta: Sejahterakan Masyarakat Dengan Bursa Inovasi Desa

Setiap desa pada umumnya memiliki program andalan seperti pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakaat, sehingga perlu pendampingan agar terlaksana dengan baik dan sesuai aturan.

“Setiap program yang direncanakan juga harus melalui musyawarah dan melibatkan masyarakat setempat agar apa yang akan dibangun nanti sesuai kebutuhan serta kepentingan masyarakat banyak,” ucapnya.

Untuk diketahui, hari ini delapan Kecamatan di Kabupaten Purwakarta menggelar Bursa Inovasi Desa, diantaranya Kecamatan Maniis, Tegalwaru, Plered, Sukatani, Darangdan, Bojong, Wanayasa dan Kiarapedes. dengan 450 peserta.

Untuk wilayah zona satu, ada sembilan kecamatan, diantaranya Sukasari, Jatiluhur, Babakancikao, Bungursari Campaka, Cibatu, Purwakarta, Pasawahan dan Pondoksalam yang akan menggelar Bursa Inovasi Desa, Rabu, (31/7/2019) di gedung SKB Purnawarman. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Program Inovasi Desa Bursa Inovasi Desa DPMD Purwakarta

berita terkait

Bursa Inovasi Desa Harus Terus Berlanjut

PID Mampu Tekan Angka Kemiskinan di Desa

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi