Peringati HANI, Bandung Tegas Cegah Peredaran Napza

JABARNEWS | BANDUNG – Data Badan Narkotika Nasional Kota Bandung menunjukkan terdapat 278 kasus penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza) pada tahun 2018. Tahun ini, tercatat sudah ada 81 kasus serupa.

Zat berbahaya itu kerap menjadi momok bagi generasi muda Kota Bandung. Selain itu, hal tersebut juga menjadi kekhawatiran Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Tak heran, Pemkot Bandung beserta seluruh stakeholder melakukan banyak cara untuk mencegah penyebaran Napza. Salah satunya adalah pencegahan melalui sosialisasi dan pendidikan hidup sehat.

Baca Juga:  Kota Bandung Izinkan Gelar Pertunjukan Konser Musik, Ini Syaratnya

“Kami banyak melakukan upaya promotif dan edukatif, terutama ke sekolah-sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Kami bekerja sama dengan kader kesehatan remaja, dengan Dinas Kesehatan, dan kepolisian,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung, Leonard, dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Kamis (27/6/2019).

Sasaran usia pendidikan menjadi prioritas, sebab BNN Kota Bandung menemukan kecenderungan penyalahgunaan Napza dilakukan oleh usia-usia muda. Mereka terjebak penggunaan Napza karena kurangnya pemahaman serta lemahnya kontrol diri dan pengawasan orang tua.

Baca Juga:  Pesona Destinasi Wisata Pasir Putih di Danau Toba Samosir

“Kebanyakan masalahnya dari rumah, pelariannya ke narkoba. Ada yang ada masalah di rumah, orang tuanya sibuk, dan sebagainya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019, BNN bersama Pemkot Bandung ingin lebih menekankan peran orang tua membimbing dan memperhatikan anak-anaknya. Pemerintah juga menyasar generasi milenial agar senantiasa menjauhi Napza dan menjadi promotor bagi gerakan anti narkoba.

“Tema peringatan HANI 2019 adalah ‘Milenial sehat tanpa narkoba menuju Indonesia Emas,'” ujar Leonard.

Baca Juga:  Profesor IPB Minta Sektor Kelautan Harus Diperhatikan

Di Kota Bandung, peringatan HANI akan dilaksanakan pada 6 Juli 2019 di Plaza Balai Kota Bandung. Di hari itu, 80 puskesmas juga akan menyosialisasikan bahaya Napza di wilayah kerja masing-masing.

Selain itu, BNN juga akan mengampanyekan gaya hidup sehat. Di antaranya dengan mengadakan zumba tanggal 28 Juni 2019 di GOR Saparua, dan tanggal 21 Juli di Car Free Day Dago. (Red)

Jabar News | Berit Jawa Barat