bjb
itcbet

Perbaiki SDM, Menkeu Usahakan Alokasi Dana Riset Meningkat

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Dok. Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengusahakan agar alokasi dana APBN untuk riset bisa meningkat seiring dengan pemerintah Indonesia yang sedang berupaya memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi lebih baik.

“Pemerintah kita sedang membentuk kultur masyarakat yang berpikiran kritis, salah satunya melalui pendidikan dan riset. Dana penelitian sudah dialokasikan pemerintah pada APBN 2019 dan diharapkan akan meningkat lebih banyak,” katanya saat ditemui di Soehana Hall The Energy Building, Jakarta, Rabu (31/7/2019).



Menkeu menjelaskan, meskipun alokasi dana riset pada APBN setiap tahun selalu meningkat, yakni pada 2018 sebesar Rp33,8 triliun dan untuk 2019 sebesar Rp35,7 triliun, namun dana itu disebar untuk 45 kementerian dan lembaga.

Menurut dia, hal tersebut tetap dirasa kurang karena total anggaran untuk pendidikan di Indonesia pada 2019 sebesar Rp492,5 triliun. Sementara, alokasi dana untuk riset mengambil bagian terlalu kecil dalam total anggaran pendidikan yang diwajibkan sebesar 20 persen dari dana APBN itu.
Halaman selanjutnya
Tags : Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati Dana Riset APBN Penegmbangan APBN

berita terkait

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi