bjb

Sekjen DPD Berharap IKPS Mampu Bantu Tekan Kemiskinan

Sekretaris Jenderal DPD Reydonnyzar Moenek. (Foto: Dok. DPD RI)

JABARNEWS | JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPD, Reydonnyzar Moenek menyatakan pengembangan dan sinergisitas Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) dinilai sangat penting dalam memajukan daerah Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Hal itu dikarenakan IKPS menjadi kekuatan dan peluang bagi Pesisir Selatan yang menjadi garis pantai terpanjang di Indonesia.

“Pesisir selatan merupakan garis pantai terpanjang di Indonesia bahkan termiskin. Untuk itu, terpenting saat ini dimana posisi sekarang dan mengarah kemana IKPS ini kedepan. Kita bukan hanya bicara pengurusan atau terpilih dan dipilih.
Tapi bagaimana bentuk kepedulian kita kepada ranah rantau,” ucap Reydonnyzar saat bertemu Panitia Munas IKPS di Gedung DPD RI, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Menurut Reydonnyzar, Sumbar khususnya Pesisir Selatan harus berfikir bagaimana bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat. Sebenarnya masalah mendasar yaitu kecilnya fiskal Sumbar yang sangat berbeda jauh dengan DKI Jakarta.

“Padahal Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI Jakarta terbesar dari pedagang di Tanah Abang yang berasal dari Sumbar,” tuturnya.

Reydonnyzar menambahkan, dengan sinergi dan kolaborasi dengan pusat maka tidak ada lagi kemiskinan di Pesisir Selatan. Bahkan, terpenting adalah geopolitik dan geostrategis dengan pemerintah pusat.

“Ditengah keterbatasan fiskal Sumbar maka kita juga perlu geopolitik dan geostrategis dengan pemerintah pusat. Maka kedepan tidak ada lagi ‘cap’ kemiskinan di Pesisir Selatan,” katanya.

Baca Juga:

Tugas Badan Kehormatan Bukan Cari Kesalahan DPD

Jabatan Selesai, Ini UU Hasil Godokan DPD RI Periode 2014-2019

Kedepan, Reydonnyzar berharap potensi organisasi IKPS juga memiliki kekuatan baru bagi ranah rantau. Maka organisasi ini bisa menggagas keuntungan dan kemajuan bagi Pesisir Selatan. “Kita berharap IKPS bisa memberikan kontribusi positif bagi Pesisir Selatan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Munas IKPS Alirman Sori Chaniago berharap Sekjen DPD RI bisa hadir dalam Munas IKPS pada Agustus 2019 nanti untuk memberikan gagasan dan ide bagi Pesisir Selatan. “Kehadiran Pak Sekjen DPD RI diharapkan bisa memberikan masukan bagi ranah rantau untuk yang lebih baik kedepannya,” paparnya.

Menurut Alirman, dengan pengalaman Reydonnyzar yang sudah malang-melintang di pemerintahan. Tentunya kehadiran beliau bisa memberikan motivasi dan memperkuat Sumbar khususnya di Pesisir Selatan. “Maka tidak ada lagi Pesisir Selatan menjadi daerah termiskis,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Panitia Munas IKPS Efrianto mengatakan bahwa Pesisir Selatan memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia.

Namun kemiskinan dan pendidikan di Pesisir Selatan juga menjadi salah satu tertinggi di Indonesia. “Ini merupakan ironi bagi kita. Maka kita perlu masukan-masukan dan ide atau pikiran dari Pak Reydonnyzar,” ucapnya.

Diakhir pertemuan, Panitia Munas Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) mengundang Sekjen DPD RI untuk hadir pada acara Munas ke-5 IKPS dalam rangka pengembangan organisasi kedaerahan di era globalisasi dan digitalisasi. (Kis)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : DPD RI Ikatan Keluarga Pesisir Selatan Reydonnyzar Moenek Munas Ikatan Keluarga Pesisir Selatan
properti

berita terkait

Hujan Interupsi Rapat Paripurna DPD Ricuh

Deuh! Ada Anggota DPR dan DPD Terpilih Belum Serahkan LHKPN

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi