BPJS Kesehatan Mencatat 300 Ribu Peserta di Cianjur Menunggak Pembayaran

JABARNEWS | CIANJUR – BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Jawa Barat mencatat 300 ribu peserta jaminan sosial kesehatan di Kabupaten Cianjur menunggak pembayaran premi bulanan, sehingga tunggakan ke lembaga ini terus naik, bahkan saat ini angkanya mencapai Rp42 miliar.

Kepala BPJS Sukabumi, Yasmin Harahap kepada wartawan mengatakan, saat ini peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Cianjur sebanyak 1,9 juta orang, sebagian besar merupakan peserta yang mendapatkan bantuan pemerintah untuk pembayaran kewajiban iuran perbulannya.

Baca Juga:  Ini Cara Redakan Stres Berdasarkan Zodiak

Total peserta sudah mencapai 85 persen dari jumlah penduduk se Kabupaten Cianjur, namun sebagian besar peserta yang masuk dalam program pemerintah daerah.

“Untuk peserta yang dijamin pemkab sudah pasti terbayarkan kewajibannya setiap bulan karena sudah ada pos anggaran yang dikeluarkan. Bahkan rencananya tahun ini akan ada penambahan dari Rp 42 miliar menjadi Rp 52 miliar,” katanya, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga:  Fantastis! Biaya Sekolah di Ponpes Al Zaytun Capai Rp50 Juta Lebih

Ia menyayangkan ratusan ribu peserta yang menunggak merupakan peserta mandiri yang membayar kewajibannya hanya awal saat membutuhkan BPJS Kesehatan untuk berobat, sehingga tunggakannya mencapai Rp42 miliar.

Besarnya tunggakan tersebut secara langsung membuat pembayaran klaim ke rumah sakit menjadi terlambat karena berpengaruh pada kondisi keuangan di BPJS Kesehatan pusat.

Baca Juga:  Bocah 7 Tahun Ditinggal Ibu, Kini Punya Harapan Melanjutkan Masa Depan

“Secara nasional BPJS Kesehatan terancam defisit, termasuk di Cianjur ada tunggakan jadi pembayaran klaim tertunda. Kami akui masih ada keterlambatan pembayaran, tapi diupayakan dibayar bertahap dan secepatnya karena menjadi kewenangan dan kebijakan pusat,” katanya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat