bjb

Mengenal 6 Pelindung Layar Smartphone Milikmu

sumber : gentooz.com

https://shopee.co.id/

JABARNEWS | BANDUNG - Di zaman yang sudah serba digital ini, hampir semua smartphone hadir dengan teknologi layar sentuh. Namun salah satu ancaman yang membuat para pengguna sering merasa khawatir adalah goresan pada layarnya.


Kebayang nggak sih kalau layar smartphone milikmu mengalami kerusakan pada layarnya? otomatis kamu tidak akan bisa mengoperasikannya. Ya, kalaupun bisa kamu pasti akan memperbaikinya dengan budget yang tidak sedikit. Selain itu kamu juga tidak akan nyaman ketika menggunakannya kembali.


Itu sebabnya, kenapa para produsen smartphone harus memutar otak agar smartphone buatannya memiliki sebuah pelindung layar yang kuat. Ini semua supaya smartphone buatannya mempunyai kredibilitas yang baik. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smartphone, gimana kalau sebaiknya kamu cari tahu dahulu jenis-jenis pelindung layar yang digunakan beberapa smartphone selama ini.

Mau tahu? Yuk, disimak baik-baik.


1. Oleophobic Coating



sumber : mozta.com


Salah satu pelindung layar alat elektronik ini memang tidak terlalu dikenal banyak orang dibanding dengan pelindung layar lainnya. Hanya saja, Oleophobic Coating mampu melindungi layar ponsel dari goresan-goresan kecil. Lalu pelindung layar handphone yang satu ini juga bisa menangkal kotoran dan bekas sidik jari yang menempel di layar ponsel. At least, jika dengan menggunakan Oleophobic smartphone kesayanganmu tidak akan cepat kotor.


2. Gorilla Glass




sumber :tomshardware.com


Berbeda dengan Oleophobic, Gorilla Glass menjadi pelindung layar handphone yang paling populer dan menjadi favorit banyak orang. Pelindung layar ini juga banyak digunakan oleh hampir semua merk smartphone. Bagaimana tidak? Karena Gorilla glass sudah didukung dengan teknologi manufaktur kaca yaitu, Corning yang berbasis Amerika Serikat dan di produksi langsung di Jepang. Selain bisa melindungi dari goresan, Gorilla glass diklaim dapat menahan tekanan hingga 200 pound atau 54,43 kg. Sehingga tidak heran, jika pelindung layar ponsel ini dipercaya oleh banyak produsen smartphone.


3. Scratch-Resistant Glass




sumber : jogjatronik.com


Next, ada Scratch-Resistant Glass yang merupakan pelindung layar ponsel khusus untuk melindungi layar dari goresan. Sayangnya, pelindung layar ini hanya mampu melindungi smartphone dari goresan kecil saja. Jadi, jika memang smartphone kamu dibekali dengan pelindung layar tipe Scratch-Resistant Glass saja, lebih baik pakailah anti gores atau tempered glass, ya.

Baca Juga:

Dinilai Sukses di IISMEX, Diskominfo Jabar Siapkan Pameran Go Internasional

ITB Mewisuda 1.760 Wisudawan Pada Juli 2019

4. Sapphire Glass 





sumber : jalantikus.com


Menurut penelitian, Sapphire adalah material yang paling kuat di dunia setelah berlian. Dari sebuah penelitian tersebut, para produsen smartphone terinspirasi untuk membuat pelindung layar handphone yang materialnya dari Sapphire. Namun setelah diuji kembali, ternyata pelindung layar ini tidak memiliki ketahanan yang kuat seperti Gorilla Glass. Akhirnya, para produsen smartphone beralih menggunakan Gorilla Glass dan Sapphire Glass mulai ditinggalkan.


5. Concore Glass





sumber: Shopee Indonesia


Setelah sukses membuat pelindung layar terkuat seperti Gorilla Glass, perusahaan Corning juga kembali membuat pelindung layar terbaiknya yaitu, Concore Glass. Pelindung layar ini berjenis OGS atau One Glass Solution yang berarti Concore Glass sudah terintegrasi secara otomatis dari layar. Well, kamu pasti berpikir kenapa pelindung layar jenis ini jarang dipakai oleh para produsen smartphone? Jawabannya adalah material kacanya memiliki harga yang lebih mahal dari Gorilla Glass. Kalau para produsen ponsel memakai material ini, maka memerlukan biaya produksi yang tinggi dan nilai jual smartphone juga akan jauh lebih mahal.



6. Dragontrail Glass






sumber : glassgear.com


For your information ternyata Gorilla glass punya saingan yang tidak kalah bagus yaitu, Dragontrail Glass. Dimana produk dari Asahi Glass ini diklaim dapat menahan beban hingga 60 kg yang hanya memiliki ketebalan kaca sebesar 1 mm. Kecanggihan pelindung layar ini sudah dibuktikan lewat sebuah video uji coba di Youtube. Dalam video uji coba tersebut, terlihat Dragontrail Glass mampu bertahan terhadap kerasnya pukulan palu, digores dengan kunci sampai di tekuk atau di bending tanpa meninggalkan bekas apapun.


Demikianlah keenam jenis pelindung layar ponsel yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Meski smartphone milikmu sudah dibekali dengan lapisan kaca yang kuat, ada baiknya kamu tetap memakai dan merawatnya dengan baik, ya. Paling tidak kamu harus menambahkan pelindung layarnya dengan menggunakan tempered glass, karena tidak ada yang bisa menjamin apakah layar smartphone yang kamu punya masih tetap kuat dari goresan atau benturan. (robby/berbagai sumber)




Tags : pelindung layar smartphone teknologi canggih

berita terkait

TMC Mampu Cegah Kerugian Panen Akibat kekeringan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi