Cara Mengenali Hewan Kurban Layak Konsumsi

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Menyambut Hari Raya Idul Adha, kita harus dapat memastikan bahwa hewan kurban dalam keadaan sehat dan layak konsumsi. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menjelaskan ada 4 ciri hewan kurban layak konsumsi, antara lain, sehat, tidak kurus, jantan, dan cukup umur.

“Jadi, hewan betina itu tidak masuk kriteria hewan layak. Sementara untuk umur hewan dinyatakan cukup setelah memasuki usia di atas 2 tahun untuk sapi, dan 1 tahun untuk kambing,” bebernya di Taman Sejarah Balai Kota, Kamis (1/8/2019).

Baca Juga:

Ridwan Kamil Larang Jual Hewan Kurban di Pinggir Jalan

Kemenag gelar Sidang Isbat Awal Zulhijjah 1440H pada 1 Agustus



Sedangkan untuk ciri fisiknya, hewan kurban yang layak bisa dilihat dari tampilan, bentuk kepala, dan bulu atau kulit hewan yang tidak ada luka.

“Jadi kalau hewan itu tidak pendiam, tidak ada benjolan di kepala, serta tidak ada luka di kulitnya. Itu bisa dipastikan hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat,” paparnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sendiri telah menerjunkan Satgas Hewan Kurban, untuk memastikan kesehatan hewan kurban yang terdistribusi di 30 kecamatan di Bandung sehat dan layak. Satgas Hewan Kurban di Kota Bandung akan bertugas sejak 29 Juli lalu hingga H+3 Iduladha, yakni 14 Agustus 2019 mendatang.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Hewan Kurban Ciri Hewan Kurban Layak Konsumsi Idul Adha Pemkot Bandung Bandung

berita terkait

Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Purwakarta Terus Naik

Sekoper Cinta Resmi Meluncur di Kota Bandung

Tujuh Bocah Ini Beli Sapi Kurban Dari Menabung Uang Jajan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi