6 Kecamatan Kekeringan, Pemkab Purwakarta Kirim 61 Ribu Liter Air Bersih

JABARNEWS | PURWAKARTA – Enam Kecamatan di Kabupaten Purwakarta mengalami kekeringan dalam beberapa minggu ini. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta mengirimkan puluhan ribuan liter air bersih untuk kebutuhan warga.

“Kurang-lebih 61 ribu liter air bersih yang terdistribusikan,” ujar Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, saat dihubungi melalui selulernya, Jumat (2/8/2019).

Baca Juga:  PKS Jabar Tekankan Pentingnya Konsultasi Keluarga

Keenam Kecamatan yang mengalami kekeringan itu adalah Kecamatan Jatiluhur, Plered, Tegalwaru, Sukatani, Bojong, dan Maniis. Keenam Kecamatan itu telah meminta bantuan air bersih sejak Juni 2019 lalu. Ribuan keluarga terdampak kekeringan.

“Ada Sekitar 2.011 keluarga yang terdampak dan yang sudah terdistribusi air di enam Kecamatan, di 10 desa yang ada di Kabupaten Purwakarta,” kata Wibi sapaan karibnya.

Baca Juga:  Gandeng Bulog Bandung, Disdagin Kota Bandung Gelar Operasi Pasar di Gedebage

Dari keenam Kecamatan, Wibi menyebut kekeringan terparah dialami Kecamatan Jatiluhur dan Kecamatan Tegalwaru.

“Di Kecamatan Tegalwaru ada 3 desa yang mengalami kekeringan, sekitar 617 keluarga yang terdampak kekeringan. Sedangkan di Kecamatan Jatiluhur ada sekitar 225 keluarga yang tersebar di 3 desa yang kesulitan air bersih juga,” kata Wibi.

Baca Juga:  Edwar Zulkarnain Datangi DKUPP Kabupaten Purwakarta, Minyak Goreng Aman?

Wibi menambahkan, DPKPB Kabupaten Purwakarta berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa soal titik pemberian air bersih. Warga dapat mengambil air bersih secukupnya.

“Buat cuci, buat masak, mandi, jelaslah,” imbuhnya. (Gin)



Jabar News | Berita Jawa Barat