Biaya Pendidikan Turut Melambungkan Inflasi di Jawa Barat

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat, kelompok pengeluaran pendidikan, rekreasi dan olahraga mengalami inflasi yang tinggi sebesar 0,94 persen pada Juli 2019.

Untuk kelompok pendidikan terdiri dari sub kelompok jasa pendidikan sebesar 0,02 persen, sub kelompok kursus-kursus/pelatihan sebesar 8,23 persen, sub kelompok perlengkapan/peralatan pendidikan sebesar 1,76 persen. Sedangkan sub kelompok rekreasi hanya sebesar 0,15 persen, dan sub kelompok olahraga sebesar 0,03 persen.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Tegaskan Kasus Pelecehan Karyawati di Bekasi Adalah Tindak Kriminalitas!

Lima komponen kelompok pendidikan yang mendorong melambung tinggi meliputi bimbingan belajar, kursus bahasa asing, buku tulis bergaris, buku pelajaran SMP, serta buku pelajaran SMA. Penyebabnya, terdapat momentum tahun ajaran baru.

Baca Juga:  Pemeriksaan Ditambah 15 Hari, Temuan BPK RI di Delapan OPD Cianjur

Meski demikian, kontribusi kelompok bahan makanan tetap menjadi yang pertama yang menyumbang laju inflasi pada Juli 2019 di Jawa Barat sebesar 0,39 persen.

Berdasarkan data yang dikutip dari BPS, adapun Indeks Harga Konsumen (IHK) Gabungan Jawa Barat yang meliputi 7 kota yaitu Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bekasi, Kota Depok dan Kota Tasikmalaya mengalami kenaikan indeks. IHK dari 136,30 di Juni 2019 menjadi 136,83 di Juli 2019. (Kis)

Baca Juga:  Penemuan Mayat Pria Paruh Baya Gegerkan Warga Cibeber Cianjur

Jabar News | Berita Jawa Barat