bjb

Biaya Pendidikan Turut Melambungkan Inflasi di Jawa Barat

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat, kelompok pengeluaran pendidikan, rekreasi dan olahraga mengalami inflasi yang tinggi sebesar 0,94 persen pada Juli 2019.

Untuk kelompok pendidikan terdiri dari sub kelompok jasa pendidikan sebesar 0,02 persen, sub kelompok kursus-kursus/pelatihan sebesar 8,23 persen, sub kelompok perlengkapan/peralatan pendidikan sebesar 1,76 persen. Sedangkan sub kelompok rekreasi hanya sebesar 0,15 persen, dan sub kelompok olahraga sebesar 0,03 persen.

Lima komponen kelompok pendidikan yang mendorong melambung tinggi meliputi bimbingan belajar, kursus bahasa asing, buku tulis bergaris, buku pelajaran SMP, serta buku pelajaran SMA. Penyebabnya, terdapat momentum tahun ajaran baru.

Meski demikian, kontribusi kelompok bahan makanan tetap menjadi yang pertama yang menyumbang laju inflasi pada Juli 2019 di Jawa Barat sebesar 0,39 persen.

Baca Juga:

Rebut Piala Kadisdik, 21 Dojo di Purwakarta Unjuk Kebolehan

Ini Kata Pengamat Soal Kasus Guru Ditantang Murid

Berdasarkan data yang dikutip dari BPS, adapun Indeks Harga Konsumen (IHK) Gabungan Jawa Barat yang meliputi 7 kota yaitu Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bekasi, Kota Depok dan Kota Tasikmalaya mengalami kenaikan indeks. IHK dari 136,30 di Juni 2019 menjadi 136,83 di Juli 2019. (Kis)

Jabar News | Berita Jawa Barat





Tags : Inflasi Jawa Barat Pendidikan BPS Jawa Barat Inflasi

berita terkait

UNBK di Purwakarta Belum 100 persen

Viral Video Mesum Pelajar SMP Di Kuningan

Sekolah Mutiara Insani Jadi Pilot Project Sekolah Finlandia

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi