bjb

Tarik Tambang Kemendagri-BNPP Pecahkan Rekor MURI

Peserta pemecahan rekor perlombaan tarik tambang dengan jumlah peserta terbanyak oleh Kemendagri dan BNPP di Lapangan Banteng. (Foto: Ara/Red)

JABARNEWS | JAKARTA - Diikuti 1.200 peserta, ajang tarik tambang antar aparatur sipil negara (ASN) yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berhasil  memecahkan rekor Museum Rekor Republik Indonesia (MURI) peserta tarik tambang terbanyak.

"Pemecahan rekor MURI ini merupakan kegiatan tiap tahun Kementerian Dalam Negeri dan BNPP untuk menyemarakkan kegiatan HUT RI ke-74," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) RI Hadi Prabowo di sela-sela acara di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Lomba tarik tambang ini berkategori regu campuran dan terdapat 200 regu yang bertanding. Tiap regunya terdiri dari enam orang: empat orang laki laki dan dua perempuan yang diikuti oleh seluruh komponen yang ada di Kemendagri dan BNPP.

Menurut Hadi, tarik tambang dipilih karena cabang perlombaan tersebut belum pernah dibuat dan dipecahkan di MURI sebelumnya oleh pihak lain.

"Ya kita kan upaya ya, kita lihat ternyata belum ada yang mecah rekor MURI tarik tambang, ya kita adakan," jelasnya.

Selain tarik tambang, Kemendagri bersama BNPP juga turut memecahkan rekor di ajang perlombaan yang lain, yaitu lomba balap kelereng eksekutif yang diikuti Eselon I dan II dari Kemendagri dan BNPP.

Baca Juga:

Masyarakat Pertanyakan Minimnya Blangko e-KTP

Penunjukan Plt Sekda Jabar Wewenang Gubernur

"Termasuk balap kelereng eksekutif, itu juga belum ada di MURI, sehingga kita lakukan kegiatan ini daripada kegiatan yang sudah dilakukan lainnya. Nah ini (tarik tambang dan balap kelereng eksekutif) belum ada, oleh karena itu kita adakan," ujar Hadi.

Selain untuk memeriahkan bulan kemerdekaan Indonesia, Hadi mengatakan dengan diadakannya lomba dan pemecahan rekor MURI oleh para ASN ini dapat mendorong ASN untuk membentuk jiwa nasionalisme, pancasilais, disiplin, dan berintegritas.

"Harapannya kepada seluruh ASN untuk memantapkan jati diri bahwa dia adalah pelayan negara, pelayan masyarakat, dan tentunya di dalam hati membentuk jiwa nasionalisme, pancasilais, dan juga integritas dan disiplin," pungkasnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat




Tags : Tarik Tambang MURI Kemendagri BNPP Rekor Muri Peserta Tarik Tambang Terbanyak
properti

berita terkait

Izin FPI Tidak Diperpanjang Kalau Tolak Pancasila

Aksi Bebersih Sungai Ciliwung Cetak Rekor MURI

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi