Sebanyak 9 Rumah di Cianjur Terdampak Gempa Banten

JABARNEWS | CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mencatat sembilan rumah di beberapa kecamatan mengalami kerusakan akibat gempa yang terpusat di Sumur-Banten dengan magnitudo 6,9.

Gempa Sumur-Banten, terasa cukup kencang dan lama dirasakan warga di seluruh Cianjur. Gempa mengakibatkan 5 rumah rusak berat di Desa Neglasari dan 1 di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Agrabinta, 1 rumah rusak ringan di Kecamatan Pasirkuda dan 2 rumah rusak berat di Kecamatan Cibeber.

“Rumah warga yang rusak berat tepatnya di Desa Mekarmulya, Kecamatan Pasirkuda dan Desa Cibadak, Kecamatan Cibeber, termasuk beberapa rumah dilaporkan rusak ringan di kedua desa tersebut,” kata Sekretaris BPBD Cianjur, Sugeng Supriyatno saat dihubungi Sabtu (3/8/2019).

Baca Juga:  Tiga Tempat Terpanas Di Dunia, Suhunya Sampai 55 Derajat Celcius

Ia menjelaskan, hingga saat ini, petugas masih melakukan pendataan ke lokasi untuk melakukan penanganan tanggap darurat karena beberapa rumah mengalami keretakan di bagian dinding.

“Jangan sampai retakan bertambah parah dan menimbulkan korban apabila gempa kembali terjadi. Petugas dari BPBD masih menginventarisir informasi dari setiap kecamatan di Cianjur karena kemungkinan ada daerah lain yang terdampak gempa,” katanya.

Baca Juga:  Kelangkaan Oksigen di Kabupaten Bandung, Harga Jual Dua Kali Lipat

Pihaknya mengimbau warga untuk terus waspada, terutama untuk penduduk di pesisir pantai selatan.”Kami mengimbau warga di pesisir pantai selatan Cianjur, untuk tetap waspada dan segera mengungsi ketika melihat tanda-tanda alam,” katanya.

Sementara Kepala Desa Cibadak, Elan Suherlan mengatakan, dua unit rumah yang terdampak bencana berada di Kampung Pasir Kaso, Desa Cibadak, Kecamatan Cibeber.

Dua rumah warganya rusak berat di bagian dinding yang jebol akibat gempa yang terasa cukup keras dan berlangsung lama. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga:  Inspektorat: Desa Harus Terbuka Soal Anggaran

“Pemilik rumah sudah mengungsi ke rumah sanak saudaranya karena tembok rumah jebol dan menimpa rumah semi permanen di sampingnya. Pihak desa akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten untuk memberikan bantuan pada warga yang terkena dampak,” katanya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat