Jelang Kurban, DKPPP Depok Dibantu 65 Mahasiswa IPB

JABARNEWS | DEPOK – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengirimkan 65 mahasiswa ke Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, untuk membantu melakukan pemeriksaan “antemortem” dan “postmortem” hewan kurban pada Idul Adha 1440 Hijriah/2019.

“Bantuan kita dapat dari mahasiswa FKH IPB. Ini menjadi solusi keterbatasan kami untuk memeriksa kesehatan hewan kurban,” kata Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah, di Depok, Rabu (17/7/2019).

Baca Juga:  Begini Cara Mengelola Dan Mengatasi Anak Gagap Bicara

Dikatakannya, mulai H-15 Idul Adha akan dilakukan pemeriksaan lapak oleh petugas DKPPP. Kemudian pada H-1 dan hari-H pemeriksaan “antemortem” dan “postmortem” dilakukan oleh petugas di titik pemotongan yang dilakukan warga atau Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

Pihaknya dibantu mahasiswa dan dosen pendamping  FKH IPB serta petugas Keswan Kementerian Pertanian. Rencananya hingga H+3 masih terus dilakukan pemeriksaan oleh petugas dari DKPPP.

Baca Juga:  Ini Wejangan Pj. Gubernur Jabar Untuk Relawan Asian Games

“Pada hari-H kami juga dibantu oleh anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti hewan kurban harus memenuhi persyaratan syariat Islam,” ujarnya.

Persyaratan yang dimaksud, kata Diah, antara lain cukup umur dan tidak cacat. Selain itu, pemotongan hewan kurban juga harus memperhatikan kesejahteraan hewan dengan tidak menyiksanya dan harus diperlakukan dengan baik.

Baca Juga:  ‬"Korupsi Enggak Seberapa", Lukai Semangat Reformasi

“Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka harus dikembalikan atau disarankan tidak dijual untuk keperluan kurban,” ungkap Diah Sadiah.

Begitu pun sebelum dipotong, harus dipelihara dengan baik. Misalnya, kandang diberi atap peneduh serta diberi makan dan minum yang cukup. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat