Aprestindo Usulkan Toilet Rest Area Berbayar dan Gratis

JABARNEWS | BANDUNG – Asosiasi Pengusaha Rest Area Indonesia (Aprestindo) mengusulkan fasilitas toilet di tempat peristisahatan sepanjang jalan tol dipisahkan menjadi berbayar dan gratis. Untuk yang berbayar, Aprestindo mengusulkan tarif Rp2000 sekali pakai.

Ketua Umum Aprestindo, R Widie Wahyu GP, mengatakan wacana ini tengah diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut dia, usulan toilet berbayar bertarif Rp2.000 sekali masuk itu berkaitan dengan penyediaan fasilitas lebih baik dan kebersihan yang terjaga. Di toilet berbayar ini operator diantaranya akan menjamin adanya peralatan seperti sabun dan hairdryer

Baca Juga:  Elvy Sukaesih Berduka, Pedangdut Senior Yus Yunus Meninggal Dunia

“Mungkin seperti yang dilakukan busway, Rp2.000 per sekali masuk,” kata Widie, dikutip dari Dream.co.id.

Widie menjamin pemisahan ini tidak akan mengabaikan pengelolaan toilet gratis. Kebersihan pada toilet gratis tetap diperhatikan.

Baca Juga:  Tiga Kelebihan Karpet Vinyl Jika Dipasang Di Rumah

Selanjutnya, Widie mengatakan usulan ini diajukan karena banyaknya keluhan pengguna terkait pengelolaan toilet gratis di sejumlah rest area. Banyak kasus ditemukan toilet rusak, ditambah masalah biaya pengelolaan yang mahal.

“Saya usul apakah boleh diadakan toilet gratis dan toilet berbayar. Terlebih dalam mengelola toilet itu enggak mudah, setiap hari ada yang rusak,” kata dia.

Baca Juga:  Kepala Badan Kesbangpol Jabar Ruddy Gandakusumah Tutup Usia, Pemprov Jabar Kehilangan Putra Terbaiknya

Menurut Widie, ada sejumlah hal yang masih dibicarakan dengan Kementerian PUPR. Beberapa di antaranya mengenai kapasitas dan lokasi penempatan.

“Mungkin berdampingan, tergantung karakter rest area-ya, tapi semua masih menunggu persetujuan Pak Menteri,” kata dia. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat