bjb

Aprestindo Usulkan Toilet Rest Area Berbayar dan Gratis

Toilet di Rest Area. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Asosiasi Pengusaha Rest Area Indonesia (Aprestindo) mengusulkan fasilitas toilet di tempat peristisahatan sepanjang jalan tol dipisahkan menjadi berbayar dan gratis. Untuk yang berbayar, Aprestindo mengusulkan tarif Rp2000 sekali pakai. 

Ketua Umum Aprestindo, R Widie Wahyu GP, mengatakan wacana ini tengah diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut dia, usulan toilet berbayar bertarif Rp2.000 sekali masuk itu berkaitan dengan penyediaan fasilitas lebih baik dan kebersihan yang terjaga. Di toilet berbayar ini operator diantaranya akan menjamin adanya peralatan seperti sabun dan hairdryer

"Mungkin seperti yang dilakukan busway, Rp2.000 per sekali masuk," kata Widie, dikutip dari Dream.co.id.

Widie menjamin pemisahan ini tidak akan mengabaikan pengelolaan toilet gratis. Kebersihan pada toilet gratis tetap diperhatikan.

Selanjutnya, Widie mengatakan usulan ini diajukan karena banyaknya keluhan pengguna terkait pengelolaan toilet gratis di sejumlah rest area. Banyak kasus ditemukan toilet rusak, ditambah masalah biaya pengelolaan yang mahal.
Baca Juga:

Dapatkan Aqua Gratis di Rest Area KM 72A Tol Purbaleunyi

Hari Ini, Empat Rest Area di Tol Cikampek Ditutup Sementara


"Saya usul apakah boleh diadakan toilet gratis dan toilet berbayar. Terlebih dalam mengelola toilet itu enggak mudah, setiap hari ada yang rusak," kata dia.

Menurut Widie, ada sejumlah hal yang masih dibicarakan dengan Kementerian PUPR. Beberapa di antaranya mengenai kapasitas dan lokasi penempatan.

"Mungkin berdampingan, tergantung karakter rest area-ya, tapi semua masih menunggu persetujuan Pak Menteri," kata dia. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Rest Area Toilet Berbayar Toilet Gratis Kementerian PUPR Aprestindo

berita terkait

Jumlah Kendaraan Melintas di Tol Cipali Meningkat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi