bjb
itcbet

Cara Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Ilustrasi sertifikat tanah. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Sandang, pangan, dan papan merupakan kebutuhan primer yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Tanpa ketiga hal tersebut, manusia tak bisa menjalankan aktivitasnya seperti orang-orang kebanyakan. Terlebih lagi dalam hal papan atau tempat tinggal, manusia butuh rumah untuk berlindung dari panas terik dan hujan badai.

Permintaan akan tempat tinggal semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah populasi di suatu daerah. Akan tetapi, lahan untuk membangun tempat tinggal tak pernah bertambah. Itulah alasan mengapa harga rumah atau tanah jauh lebih mahal ketimbang harga dua kebutuhan primer lainnya yakni sandang dan pangan.

Baca Juga:

Waduh! Akan Ada Saksi 'Wow' Di Sidang Sengketa Pilpres

Tim BPN Akan Hadirkan Saksi yang Mengejutkan



Harga tanah dan rumah yang mahal tersebut memunculkan peluang untuk oknum-oknum nakal yang mengambil kesempatan. Mulai marak ditemukan sertifikat tanah yang bodong alias tak terbukti keasliannya. Dengan iming-iming harga yang lebih murah, masyarakat biasanya tergiur untuk membeli tanah dari oknum nakal tersebut. Padahal, sertifikat tanah yang palsu tak memiliki landasan hukum yang kuat apabila tanah tersebut nantinya diperkarakan.

Permasalahan seputar keaslian sertifikat tanah umumnya disebabkan kecerobohan masyarakat sebelum proses transaksi berjalan. Di Indonesia, permasalahan yang paling sering terjadi ialah sertifikat bodong dan duplikasi sertifikat asli. Untuk itu, si pemilik tanah harus paham betul bagaimana cara mengecek sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sebab seringkali permasalahan yang ada bukan mengenai proses hukum, tetapi kondisi fisik tanah yang tak sesuai dengan aslinya.
Halaman selanjutnya
Tags : Sertifikat Tanah Asli Keaslian BPN

berita terkait

TKN Sebut Gugatan BPN Modal Asumsi

Lakukan Makar, Jubir BPN Lieus Ditangkap Polisi

Beras BPNT Buruk, Pemkab Tasikmalaya Minta Masyarakat Untuk Kembalikan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi