bjb

KPK Pastikan Rekam Jejak 40 Capim Ditelusuri

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan membantu Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (capim) KPK  dalam menelusuri rekam jejak para peserta seleksi yang menyisakan 40 orang.

"Sesuai dengan permintaan panitia seleksi, KPK akan membantu melakukan penelusuran rekam jejak peserta capim KPK," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK kepada wartawan ,  Senin (5/8/2019)

Febri mengatakan hingga saat ini  yang sudah terbuka adalah rekam jejak peserta soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).  Tercatat  27 orang yang telah melaporkan kekayaannya. 

Pihaknya juga kata Febri menemukan masih ada calon yang sebenarnya wajib lapor LHKPN, tapi belum pernah melaporkan kekayaannya.

Kemudian tercatat tiga orang baru lapor sebanyak satu kali. Sedangkan  yang terbanyak melaporkan kekayaannya sebanyak 3 kali yaitu 7 orang. 

Baca Juga:

Awal September, Hasil Seleksi Capim KPK Akan Diserahkan ke Presiden ,

192 Orang Lolos Adminsitrasi Capim KPK, Tiga Diantaranya Petahana

"Dari sebaran kekayaan dari 40 calon itu, lebih dari 80% calon pimpinan KPK memiliki kekayaannya Rp1 miliar sampai dengan Rp10 miliar sebanyak 22 orang. Sedangkan kekayaan yang paling kecil yang tercatat adalah Rp 43 juta. Kemudian yang terbesar dengan kekayaan Rp19,6 miliar," ujar Febri.

Lanjut Febri, ditemukan juga satu calon capim KPK yang pelaporan yang dinilai salah input. Karena ketika menjadi penyelenggara negara, kekayaannya mencapai lebih dari Rp1 triliun. 

Kesalahan input tersebut terkait dengan harga dan kepemilikan tanah yang dimiliki capim KPK. (Kis)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Capim KPK Panitia Seleksi Rekam Jejak Capim Febri Diansyah
properti

berita terkait

Resmi Ditutup, Pendaftar Capim KPK Capai 384 Orang

KPK: Segera Pecat PNS Koruptor

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi