aqua

DPD Minta CPO Kelapa Sawit ‘Kembali’ ke Daerah Asalnya

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Darmayanti Lubis. (Dok. Pribadi)

JABARNEWS | JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Darmayanti Lubis menyatakan sebagai negara produsen kelapa sawit dan sebagai negara yang melaksanakan pemerintahan daerah dengan sistem otonomi terbesar di dunia. Pemerintah pusat maupun daerah masih belum mencerminkan prinsip-prinsip perimbangan keuangan dan berkeadilan.

Maka dari itu kata Darmayanti, guna mempercepat pertumbuhan pembangunan di daerah Pajak Kelapa Sawit Mentah (Crude Palm Oil/CPO) seharusnya sebagian besar kembali ke daerah asal.

Baca Juga:

Tugas Badan Kehormatan Bukan Cari Kesalahan DPD

Jabatan Selesai, Ini UU Hasil Godokan DPD RI Periode 2014-2019



Sehingga tidak lagi ketergantungan keuangan daerah pada transfer dan dari Pemerintah Pusat.

“Salah satu yang menjadi cermin belum seimbang dan adilnya keuangan antara pusat dan daerah adalah menyangkut Dana Bagi Hasil dari sektor sumber daya alam khususnya dalam hal ini pajak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO), tidak mengalir ke daerah penghasil untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor perkebunan," kata Darmayanti dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Menurutnya tidak hanya itu, industri kelapa sawit selalu menjadi isu strategis, baik di tingkat regional maupun global. Isu strategis itu dipicu oleh aspek keuntungan dan kerugian. Sehingga, di satu sisi, industri kelapa sawit dinilai telah memberikan peran penting bagi perekonomian nasional di antaranya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : DPD RI CPO Kelapa Sawit Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis

berita terkait

Hujan Interupsi Rapat Paripurna DPD Ricuh

Deuh! Ada Anggota DPR dan DPD Terpilih Belum Serahkan LHKPN

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi