bjb
itcbet

Jadi Cagar Budaya, Rumah Bersejarah Jadi Saksi Perjuangan Lawan Penjajah

Rumah Kuno Saksi Bisu Patriotisme Putra Bupati Brebes di Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Rumah bersejarah di Kampung Karang Sari, Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, menjadi salah satu warisan cagar budaya yang keberadaannya dilestarikan hingga kini. Rumah kayu yang dibangun sekitar 1900 M masih tegak kokoh berdiri.

Suasana mistis dan angker sangat terasa begitu memasuki pekarangan rumah yang sudah berumur lebih dari satu abad tersebut. Tapi siapa sangka, dibalik itu semua, bangunan tersebut ternyata menyimpan kisah sekligus saksi bisu salah satu awal pergerakan anak bangsa dalam mengusir penjajah di Nusantara tempo dulu.



Kisah tersebut tertulis secara detail melalui beberapa literatur sejarah yang menjadi koleksi dari rumah kuno. Siapa pun yang berkunjung ke rumah kuno itu bisa mendapat penjelasan gamlang soal asal muasal awal berdirinya bangunan tersebut.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Jajat (52) menceritakan sebagimana catatan dalam sejarah rumah kuno, yakni Berawal di abad ke-17, empat bersaudara yang merupakan anak Bupati Brebes, masing-masing Rd Bangsa Yuda, Rd Mas Arfin, Rd Mas Dora dan Rd Mas Sumadireja dan pasukan terlatihnya, mengemban tugas untuk mengusir VOC atau kolinial Belanda dari Batavia atau kini di sebut Jakarta.
Halaman selanjutnya
Tags : Rumah Bersejarah VOC Penjajahan Belanda Purwakarta Cagar Budaya

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi