Pemanfaatan Dana Desa Diarahkan Untuk Pemberdayaan Ekonomi

Pemerintah berusaha menciptakan pasar bagi masyarakat desa dengan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo (Foto: Antara)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan pemerintah akan menekankan pemanfaatan dana desa untuk pemberdayaan ekonomi dan sumber daya manusia.

"Selama ini dana desa hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, namun kalau diikuti terus infrastruktur tidak akan ada habisnya, oleh sebab itu pemerintah mempunyai ide bahwa dengan dana desa, desa dapat menciptakan model keuangan dan model bisnis sendiri," kata Eko saat ditemui usai peluncuran buku Manfaat Dana Desa di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Baca Juga:

Korupsi Dana Desa, Mantan Kades di Purwakarta Terancam Penjara Seumur Hidup

Selama 2020, Gus Menteri Sebut Telah Salurkan Rp 71.1 Triliun Dana Desa



Eko berpendapat jika desa sudah dapat menciptakan model keuangan dan model bisnis sendiri maka desa akan menjadi mandiri dengan pendapatannya sendiri.

Eko mengatakan saat ini sudah banyak desa-desa yang punya pendapatan lebih besar dibandingkan dana desanya dan sudah banyak desa yang membayar pajak lebih besar dari dana desanya.

Untuk menuju ke sana, pemerintah berusaha menciptakan pasar bagi masyarakat desa dengan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk sesama kementerian, universitas dan pihak swasta.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Dana Desa Pemberdayaan Ekonomi Kemendesa PDTT Eko Putro Sandjojo

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi