Pemkot Akan Sulap Drainase Koridor Guntursari Wetan Jadi Wisata Air

JABARNEWS | BANDUNG – Aliran drainase di koridor Jalan Guntursari Wetan, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong. Dalam waktu dekat, saluran ini akan disulap menjadi area wisata air oleh Pemkot Bandung dengan menggandeng unsur kewilayahan untuk menjernihkan air di sepanjang drainase.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyebutkan, area ini nantinya selain menjadi potensi wisata air juga dapat menjadi tempat ekosistem air dan juga lahan untuk menanam sayuran.

Baca Juga:  Jadwal Tayang Bioskop XXI Kota Bandung Hari Ini 6 Juni 2022

“Setelah airnya dijernihkan, nantinya area drainasenya akan dibibit (ditebar, red) ikan-ikan. Di sekelilingnya akan ditanami ragam sayuran,” ujar Yana saat meninjau area drainase sepanjang Jalan Guntursari Wetan, Rabu (7/8/2019).

Berangkat dari kolaborasi masyarakat dan Pemkot Bandung, Yana berharap seluruh lapisan masyarakat dapat menjaga area ini jika sudah selesai dibangun.

“Dijaga bersama. Dan semoga memiliki nilai ekonomis serta daya dukung lingkungan, minimal bagi masyarakat sekitar area ini,” ujar Yana.

Baca Juga:  Dibayar Rp200 Juta, PMI Asal Madura Selundupkan Sabu dari Malaysia Lewat Jalur Asahan

Ia juga menargetkan, pembangunan area wisata air dan tanaman di koridor jalan seluas 400 meter ini selesai dalam kurun satu bulan dari sekarang.

“Nanti kita bisa lihat hasilnya. Dengan terciptanya area ini sebagai tempat ekosistem ikan dan tumbuhan, maka daya dukung lingkungan di Kota Bandung meningkat. Ya, buktinya ikan saja bisa hidup (di area ini, red) begitu,” papar Yana.

Baca Juga:  Dua Pekan Berjalan, Vaksinasi Booster di Kota Bandung Capai 735.083 Sasaran

Rencananya, area wisata air ini menjadi prototipe untuk ditiru konsepnya di beberapa wilayah serupa di Kota Bandung. Ini juga berguna meningkatnya daya dukung lingkungan hidup di Bandung.

Sampai saat ini, dua titik area wisata air sedang dibangun oleh Pemkot Bandung. Dua titik tersebut adalah Wetland Cisurupan dan Babakan Irigasi Pagarsih di Pasar Uleukan, Astanaanyar. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat