Bakal Ada Lomba Kreasi Bungkus Daging Kurban di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk menambah motivasi panitia kurban agar tidak menggunakan kantong plastik dalam membungkus daging kurban, Pemda Purwakarta berencana akan melombakan Kreasi Bungkus Daging Ramah Lingkungan bagi panitia kurban di Purwakarta.

“Syarat utamanya gunakan material bahan ramah lingkungan atau tidak menggunakan plastik, harus hasil kreasi panitianya, akan ada hadiah menarik,” ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Rabu (7/8/2019).

Baca Juga:  Jelang Timnas Indonesia VS Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Ini Imbauan Bupati Bandung

Apalagi di Kabupaten Purwakarta diprediksi ada 700 titik pemotongan hewan kurban, dengan rincian 1500 ekor sapi dan lebih dari 5 ribu ekor domba.

Lomba kreasi tersebut diharapkan memberikan motivasi serta membangun semangat dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik. “Semoga bisa memotivasi dan membangun kesadaran,” jelasnya.

Bupati yang biasa disapa Ambu Anne mengatakan sampai hari ini pihaknya gencar menghimbau agar panitia kurban tidak menggunakan plastik, tetapi diarahkan menggunakan bahan ramah lingkungan.

Baca Juga:  Bamsoet: Ancaman Ideologis Terhadap Pancasila Harus Dilawan

“Yang penting gunakan ramah lingkungan,mau itu daun jati, daun pisang ataupun wadah besek dari bambu dipersilahkan asal jangan pake kantong plastik,” jelasnya.

Meskipun ada beberapa yang memprotes, tetapi tujuannya demi menjaga lingkungan , karenanya Anne tetap meminta agar panitia kurban bisa menjalankan himbauannya tersebut. Adapun untuk wilayah tertentu panitia kurban bisa memanfaatkan daun jati yang berada di wilayahnya.

Baca Juga:  Rehab Rutilahu oleh Satgas TMMD

“Sempet ada yang protes, tetapi kan ini himbauan tujuannya baik, kalaupun yang gunakan daun jati hanya diwilayah tertentu seperti, wanayasa, kiarapedes dan maniis,” ungkapnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat