Media Massa Diajak Dewan Pers Kawal Janji Politik Pemilu 2019

Fungsi media ialah sebagai wadah informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, serta ikut menegakkan keadilan dan kebenaran.

Logo Dewan Pers (Foto: Net)

JABARNEWS | PADANG - Dewan Pers mengajak media cetak dan elektronik untuk melihat kembali posisi pers dan mengawal kesuksesan janji politik yang disampaikan saat Pemilu 2019.

Ketua Komisi Hukum dan Perundang-Undangan Dewan Pers Agung Dharmajaya di Padang, mengatakan beberapa waktu lalu, menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Baca Juga:

Ketua PWI Jabar: Uji Kompetensi Wartawan Untuk Menunjang Profesionalisme

Anggarkan Dana Operasional KPU, DPRD Jabar Apresiasi Pemkot Cirebon



"Setelah Pemilu 2019 sebetulnya media berperan penting membantu menginformasikan ke masyarakat terkait parameter tingkat kesuksesan pelaksanaan pemilu," kata Agung, Kamis (8/8/2019).

Selain itu saat menuliskan berita di media harus bersifat netral dan selalu berpegang teguh pada kode etik jurnalistik. Karena fungsi media ialah sebagai wadah informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, serta ikut menegakkan keadilan dan kebenaran.

Sebagaimana yang terdapat pada Undang-Undang Pers 40/1999 yakni penyelenggara saluran informasi berbadan hukum Indonesia yang secara khusus menyelenggarakan, menyiarkan, atau menyalurkan informasi dalam bentuk tulisan, suara, gambar, data dan grafik.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Dewan Pers Janji Politik Pemilu 2019 Media Massa

berita terkait

PN Jakarta Pusat Tolak Gugatan SPRI Dan PPWI Kepada Dewan Pers

Bawaslu Kota Bandung Temukan ASN Tidak Netral

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi