aqua

Nih, Strategi untuk Meningkatkan Ekspor Hasil Pertanian Ala Kementan

Ilustrasi. (Dok. Net)

Kemudian, tambahnya, mendorong generasi milenial untuk menjadi eksportir melalui program Agro Gemilang. Dalam program itu, pemerintah memberikan bimbingan teknis terkait SPS (Sanitary Phyto Sanitary), persiapan di lapangan dan bimbingan dalam good handling practices (GHP).

“Kita konektivitas dengan daerah dan petani. Untuk GAP (Good Agriculture Practices) ada di dinas dan GHP tugasnya pemerintah pusat,” katanya.

Baca Juga:

Usaha Menguntungkan, Kementan Dorong Milenial Garut Bertani

Ini yang Dilakukan Kementan Guna Antisipasi Kekeringan di Purwakarta



Strategi lain, lanjutnya, pemerintah membuat kebijakan Inline inspection yakni Badan Karantina Pertanian melakukan kunjungan langsung ke eksportir, dari tingkat budidaya hingga penanganan pascapanen sehingga mempermudah pelaku usaha dalam menangani produk yang akan diekspor.

Selanjutnya program I-Mace (Indonesian Maps of Agriculture Commodity Export) atau peta komoditas ekspor pertanian Indonesia guna mengetahui data sentra komoditas pertanian dan berpotensi ekspor. Bahkan di I-Mace juga terdapat data produk pertanian yang diekspor dan negara tujuannya.

“Harapan kita dengan I-Mace bisa digunakan sebagai bahan kebijakan gubernur dan bupati untuk membangun pertanian di daerahnya. Misalnya dengan membangun kawasan sentra produksi pertanian yang berpotensi ekspor,” kata Ali Jamil.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Kementan Ekpor Pertanian Strategi untuk Ekspor Pertanian Balai Karantina Pertanian Hasil Pertanian

berita terkait

Ini Manfaat Alsintan Rice Transplanter untuk Pertanian

Ribuan Bibit Bunga Lili Terindikasi Virus Dimusnahkan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi