Tanpa Kupon, Masjid Raya Bandung Bagikan Daging Kurban

JABARNEWS | BANDUNG – Panitia Penyelenggara Idul Adha di Masjid Raya Bandung melalui petugas pemotongan hewan akan membagikan daging kurban itu langsung kepada warga yang berhak tanpa menggunakan kupon pada Idul Adha 1440 Hijriah.

“Pokoknya begitu ada (masyarakat, red.) yang antre, disuruh masuk, nanti kita kasih (daging, red.). Pengalaman pakai kupon itu nanti jumlah banyak, menjeda antrean per panggilan dan nggak selalu dapat urutan di depan,” kata Wakil Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muhammad Sulhan di Masjid Raya Bandung, Sabtu (10/8/2019).

Baca Juga:  Banjir di Subang, Emil Rela Batalkan Kunjungan Kerja Luar Negeri

Masyarakat penerima daging kurban, kata dia, akan dipersilakan antre ketika proses pencacahan daging mencapai 75 persen. Setelah itu, daging kurban akan langsung dibagikan.

“Prinsipnya kalau dahulu dibuka hanya satu pintu dan itu tidak kondusif, kita menghindari risiko keamananlah. Untuk tahun ini, kita inisiatif buka dua sampai tiga pintu. Nanti begitu masuk, kita bagi lalu mereka bisa langsung keluar,” katanya.

Baca Juga:  Soal Kegiatan Sekolah di Kota Sukabumi, Achmad Fahmi: Dibagi Dua Shift

Dalam pembagian daging kurban, pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) berupaya untuk mendukung program pemerintah agar menggunakan kantung ramah lingkungan, salah satu alternatifnya menggunakan dua ribu besek berbahan ubi.

“Tahun kemarin sembilan sapi, sedangkan untuk penerima kita estimasi ada peningkatan, kalau kemarin 3.000 sampai 4.000, kemungkinan sekarang naik bisa sampai 5.000,” kata dia.

Baca Juga:  BKKBN Jabar Akan Bagikan 41.060 Alat Kontrasepsi Gratis di WCD

Berdasarkan data terbaru, pada 2019 Masjid Raya Bandung akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban berjumlah 10 ekor sapi dan belasan kambing. Hewan kurban yang disembelih termasuk sapi limosin dari Presiden RI Joko Widodo. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat