Di Purwakarta Panitia Kurban Gunakan Daun Jati Gantikan Plastik

JABARNEWS | PURWAKARTA – Penggunaan daun pohon jati sebagai pembungkus daging kurban tersebut sebagai wujud kepedulian lingkungan dalam mengurangi sampah berbahan plastik digunakan sejumlah panitia penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Purwakarta, pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

“Kita menggunakan daun jati sebagai pembungkus daging kurban, untuk berpartisipasi mengurangi penggunaan kantong plastik,” kata Ketua Panitia Kurban Masjid Jami Al-Furqon Graha Citalang, Hasanudin, di Purwakarta. Minggu (11/8/2019).

Baca Juga:  AWABE Motivasi Warga Majalengka Pandai Berbahasa Inggris

Ia mengatakan, pihak panitia memilih daun jati, karena memiliki faktor dan keunggulan sebagai pembungkus daging. Selain mengurangi penggunaan kantong plastik, penggunaan daun jati juga menjaga kualitas daging.

Dikatakannya, penggunaan daun jati itu menjadi bagian dalam menjalankan imbauan Pemkab Purwakarta agar panitia penyembelihan hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus.

Baca Juga:  Polisi Gerebek Pabrik Obat Keras Ilegal Terbesar se-Jabar, Ternyata Ada di Sumedang

“Kalau kantong plastik memang tidak bisa diurai dan cukup bahaya. Tapi kalau dibungkus dengan daun, apalagi daun jati, aroma daging pasti berbeda bahkan lebih segar,” kata dia.

Pihak panitia, sebelumnya sempat kerepotan mencari daun jati. Namun, setelah berkeliling ke beberapa tempat akhirnya bisa terkumpul hingga 1.200 lembar daun jati.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada kesempatan sebelumnya meminta para panitia kurban pada Idul Adha tahun ini membungkus daging kurban dengan dedaunan, sebagai upaya mengurangi sampah plastik.

Baca Juga:  Teror Petasan Resahkan Warga Purwakarta Di Bulan Ramadhan

Imbauan tersebut disampaikan karena biasanya daging kurban yang dibagikan kepada masyarakat dibungkus menggunakan kantong plastik.

Selain mengurangi sampah plastik di wilayah Purwakarta, imbauan itu juga untuk menjaga kualitas daging kurban yang dibagikan kepada masyarakat. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat