aqua

Musim Kemarau, Saluran Air Berubah Jadi Tumpukan Sampah

Berdasarkan UU No. 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, masyarakat punya kewenangan dan peran yang sama untuk menjaga lingkungan tetap bersih.

Saluran air yang bertumpuk sampah dan papan larangan buang sampah ‎di saluran Lebak Ciranca. (Foto: Rik/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG - ‎Memasuki musim kemarau yang dialami Kabupaten Majalengka membuat sejumlah saluran kali dan saluran air mulai surut dan mengering. Dan beberapa saluran di Saluran Lebak Ciranca Rt 03 RW 01 Kelurahan Majalengka Kulon Kecamatan kini sudah menjadi layaknya menjadi saluran sampah.

Salah seorang warga setempat, Ibrahim (37) yang akrab dipanggil, Bram mengatakan pihaknya cukup kebingungan dengan kesadaran warga yang masih saja buang sampah ke saluran air. Padahal, di dekat jembatan sudah ada papan larangan buang sampah.

Baca Juga:

Ini Langkah Terobosan Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dan KDRT Di Majalengka

Majalengka Tertutup Untuk Produk Luar



"Sudah ada papan larangan, namun masih saja sampah ini mendominasi sungai. Kalau musim hujan masih mendingan, karena si sampah terbawa arus. Sekarang kemarau, jadinya hanya tumpukan sampah," ungkapnya, Senin (12/8/2019).

Warga lainnya, Thalib (35) ‎mengatakan tahun lalu, ketika musim kemarau ada sekelompok mahasiswa yang sengaja bersih-bersih. Namun setelah itu tak ada kegiatan lagi, dan warga seolah cuek kembali buang sampah.

"Kalau saya, saya kumpulin, lalu setelah dapat satu kantong, saya bawa ke tempat pembuangan resmi. Agak jauh, tapi sekalian berangkat kerja. Malu saya kalau buang ke saluran air," ungkapnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Buang Sampah Sembarangan Musim Kemarau Saluran Sampah Majalengka

berita terkait

Gantolle Siap Meriahkan Gunung Panten Majalengka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi