Dongkrak Kunjungan Wisata Majalengka‎ Utara dengan Festival Puteran Ligung

Event wisata budaya ini melombakan balap perahu yang terbuat dari rancangan ratusan botol plastik.

Puluhan perahu dari botol plastik siap ramaikan festival Puteran di wilayah Ligung-Majalengka. (Foto: Rik/Majalengka)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Majalengka seperti tidak pernah sepi dari event. Baru saja kemarin sukses dengan Festival kampungan, kini Majalengka bagian utara kini mulai merancang destinasi wisata budaya lainnya. Festival yang satu ini diberi nama festival Puteran Ligung.

Event ini menyelenggarakan berbagai macam lomba balap perahu yang terbuat dari rancangan ratusan botol plastik, kontes domba, dan penanaman benih ikan di aliran sungai sebagai pembuka.

Baca Juga:

Ini Langkah Terobosan Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dan KDRT Di Majalengka

Majalengka Tertutup Untuk Produk Luar



‎Menanggapi hal itu, Ketua pelaksana Festival Puteran Ligung, juga menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Ligung, Endang Triana mengatakan Puteran merupakan nama bunderan dulu yang hingga kini masih kokoh berdiri. Bendungan ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang dibangun sekira tahun 1890.

"Uniknya bendungan itu, selain masih kokoh dan terawat hingga saat ini, bendungan Puteran tersebut merupakan bendungan yang memiliki empat saluran air. Nilai historisnya sangat tinggi, dan berada tak jauh dari kantor kecamatan, yakni di wilayah Desa Ligung Lor," ujar Endang, Senin (12/8/2019).

Endang menambahkan berdasarkan literatur yang ada, pada waktu itu masyarakat Ligung juga ikut membangun bendungan Puteran tersebut. Sehingga, dengan adanya festival Puteran ini akan menambah daya jual kunjungan wisata lokal, maupun internasional di masa yang akan datang.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Festival Puteran Ligung Festival Kampungan Wisata Budaya Majalengka

berita terkait

Gantolle Siap Meriahkan Gunung Panten Majalengka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi