Dongkrak Kunjungan Wisata Majalengka‎ Utara dengan Festival Puteran Ligung

JABARNEWS | MAJALENGKA – Majalengka seperti tidak pernah sepi dari event. Baru saja kemarin sukses dengan Festival kampungan, kini Majalengka bagian utara kini mulai merancang destinasi wisata budaya lainnya. Festival yang satu ini diberi nama festival Puteran Ligung.

Event ini menyelenggarakan berbagai macam lomba balap perahu yang terbuat dari rancangan ratusan botol plastik, kontes domba, dan penanaman benih ikan di aliran sungai sebagai pembuka.

‎Menanggapi hal itu, Ketua pelaksana Festival Puteran Ligung, juga menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Ligung, Endang Triana mengatakan Puteran merupakan nama bunderan dulu yang hingga kini masih kokoh berdiri. Bendungan ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang dibangun sekira tahun 1890.

Baca Juga:  Bawaslu Minta Pemkab Purwakarta Tertibkan Spanduk Bacaleg Nakal

“Uniknya bendungan itu, selain masih kokoh dan terawat hingga saat ini, bendungan Puteran tersebut merupakan bendungan yang memiliki empat saluran air. Nilai historisnya sangat tinggi, dan berada tak jauh dari kantor kecamatan, yakni di wilayah Desa Ligung Lor,” ujar Endang, Senin (12/8/2019).

Baca Juga:  Gegara Jaring Ikan di Sungai, Pemuda di Purwakarta Malah Temukan Ini

Endang menambahkan berdasarkan literatur yang ada, pada waktu itu masyarakat Ligung juga ikut membangun bendungan Puteran tersebut. Sehingga, dengan adanya festival Puteran ini akan menambah daya jual kunjungan wisata lokal, maupun internasional di masa yang akan datang.

‎”Sebagai pembuka festival, kami telah melakukan penyebaran benih ikan sebanyak 1000 ekor. Masyarakat tentu saja antusias mendukung dan bersedia merawat kelestarian dan kebersihan sungai,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Daerah bidang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, Setda Majalengka, Abdul Ghani mengatakan festival Puteran Ligung diharapkan mampu meramaikan potensi wisata di daerah Majalengka bagian utara. Selama ini, potensi wisata selalu muncul dari bagian selatan Majalengka.

Baca Juga:  Begini Cara Generasi Milenial Apresiasi Kerja JKW-JK

“Itu bagus, potensinya harus dikembangkan. Ini sebagai ‎upaya meramaikan potensi wisata di Majalengka bagian utara, karena selama ini lebih didominasi oleh wilayah Selatan. Kami berharap agar festival ini bisa masuk agenda jangka panjang,” pungkasnya. (Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat