Produksi Air Bersih PDAM Menurun Terdampak Kekeringan Kali Bekasi

Ilustrasi. (Dok. Net)

Kali Bekasi yang hulunya berada di Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi berkaitan langsung dengan kualitas air di kedua sungai tersebut. Terutama, di Sungai Cileungsi, ‎dampak pembuangan limbah berbahaya memengaruhi kualitas air baku Kali Bekasi. Bahkan di aliran kalinya kerap muncul busa (buih) di sekitar Bendung Kali Bekasi karena limbah salah satu pabrik keramik di Cileungsi.

"Busa di Kali Bekasi terjadi akibat turbulensi air kali yang jatuh. Busa sudah diselidiki dari pabrik pembuat keramik di Cileungsi," katanya lagi.

Baca Juga:

Angin Puting Beliung Terjang Kaliabang, 15 Rumah Rusak

Aksi Nyata Gusdurian Peduli Karawang Hadir Di Tengah Bencana Banjir Bekasi



Kondisi seperti ini membuat PDAM ‎Tirta Patriot melakukan berbagai siasat agar pelayanan terhadap pelanggan air bersih tetap berjalan. Air bersih yang masuk ke rumah-rumah warga tidak sampai mati alias tetap mengucur walaupun dengan debit sedikit berkurang. PDAM juga berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta (PJT) II ‎untuk melakukan buka-tutup Bendung Nowo dan Bendung Palanta.

Bendung Nowo mengalirkan air baku dari Kali Bekasi sedangkan Bendung Palanta mengalirkan air baku dari Kalimalang yang terbebas dari pencemaran limbah. Air Kali Bekasi‎ dialirkan ke Bendung Nowo dan ditampung, sebagian lagi dibuang ke arah ke Babelan. ‎Kemudian air dari Bendung Nowo ini akan dicampur dengan air baku dari Kalimalang.

"Kita berkoordinasi dengan PJT II untuk ditutup Bendung Nowo dan dibuka di Bendung Palanta sebanyak 2 meter kubik/detik. Kita melakukan‎ produksi dengan kualitas sumber air baku yang buruk, kita memaksakan juga untuk produksi, dengan biaya yang lebih besar," ucapnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Bekasi Kali di Bekais Kekeringan Produksi Air Bersih Menurun Musim Kemarau

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi