Begini Cara Batasi Anak Bermain Gadget Ala Sekdis DPPKB Purwakarta

Orangtua harus melek teknologi, sehingga dapat mendampingi anak-anak mereka dalam mengakses internet.

Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Fata Faridulhisan, bersama kader generasi remaja (Genre). (Foto: Gin/Jabarnews)

Dari sisi emosi pun, kata Fata, anak seperti ini akhirnya tidak mendpatkan pengalaman untuk berbagi dengan orang lain akibat suka menyendiri dimana anak bisa jadi akan cepat tersinggung, suka marah-marah bahkan secara fisik pun bisa anak kurang gerak, karena lebih banyak diam dibandingkan melakukan aktivitas fisik seperti bermain dengan teman-teman seusianya.

“Orang tua hendaknya menemani anak ketika lagi bermain gadgetnya yang mana ada batasan waktu anaknya menggunakan gadget, sehingga anak masih punya waktu untuk bermain dengan teman-temannya,” paparnya.

Baca Juga:

Besok, Satpol PP Purwakarta Akan Tindak Truk Pengangkut Tanah Merah di Sukatani

Dukung Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri, Ketua PCNU Purwakarta: Semoga Merakyat



Fata menambahkan, ibu bisa membuat jadwal kapan si kecil boleh bermain gadget dan kapan ia tidak boleh menyentuh benda tipis tersebut.

"Saat sedang makan dan berkumpul bersama keluarga adalah waktu yang tepat untuk ibu tidak memberikan ponsel pada anak, sehingga ia bisa menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga. Ibu harus membuat aturan untuk seluruh anggota keluarga agar menaruh gadget masing-masing saat makan dan berkumpul bersama, maka akan tercipta komunikasi yang baik antar anggota keluarga," ucap Fata.

Ditambahkannya, kegiatan membatasi anak bermain game gadget mutlak diperlukan agar anak tidak kecanduan game dan yang lebih penting juga orang mengarahkan anaknya menggunakan gadget untuk hal yang positif.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Keluarga Berencana DPPKB Purwakarta GenRe Purwakarta

berita terkait

Purwakarta Sering Diguyur Hujan, Begini Pesan Kadis DPKPB

Dedi Mulyadi Sebut Penyebab Banjir Akibat Rusaknya Lingkungan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi