Begini Cara Batasi Anak Bermain Gadget Ala Sekdis DPPKB Purwakarta

Orangtua harus melek teknologi, sehingga dapat mendampingi anak-anak mereka dalam mengakses internet.

Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Fata Faridulhisan, bersama kader generasi remaja (Genre). (Foto: Gin/Jabarnews)

"Agar si kecil tidak merengek, ibu bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain bersama. Temani ia bermain, sehingga ia tidak merasa bosan. Ciptakan permainan yang seru dan menarik, seperti bermain puzzle atau membaca cerita. Sembari bermain, ibu juga bisa mengajaknya bicara seputar kesehariannya," imbuhnya.

Fata menambahkan, perilaku orang tua selalu menjadi cerminan utama yang akan ditiru oleh anak.

Baca Juga:

Besok, Satpol PP Purwakarta Akan Tindak Truk Pengangkut Tanah Merah di Sukatani

Dukung Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri, Ketua PCNU Purwakarta: Semoga Merakyat



"Inilah mengapa ibu dan ayah perlu selalu bersikap bijak serta menjadi teladan yang baik untuk sang buah hati, termasuk saat menggunakan ponsel. Sebaiknya, hindari memegang gadget ketika ibu atau ayah sedang bersama anak, karena ini akan membuat mereka jadi kecanduan ponsel pada akhirnya," ucapnya.

Disamping itu, lanjut Fata, saat ini orangtua harus melek teknologi, sehingga dapat mendampingi anak-anak mereka dalam mengakses internet, dan memilih konten yang sesuai dengan usia serta kebutuhan anak.

"Nyatanya, anak lebih paham teknologi daripada orang tuanya. Inilah mengapa ibu dan ayah harus turut mengikuti perkembangan teknologi terkini, alias melek teknologi. Ibu bisa mulai dari mencari tahu apa saja media sosial yang sedang digandrungi oleh anak-anak. Lalu, hal-hal apa saja yang sedang sering dicari oleh si kecil. Tak ketinggalan pula aplikasi yang paling sering diunduh," pungkas Fata. (Gin)
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Keluarga Berencana DPPKB Purwakarta GenRe Purwakarta

berita terkait

Purwakarta Sering Diguyur Hujan, Begini Pesan Kadis DPKPB

Dedi Mulyadi Sebut Penyebab Banjir Akibat Rusaknya Lingkungan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi