Pemkot Hadirkan Dua Kolam Retensi Baru untuk Atasi Banjir

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal membangun dua kolam retensi dengan total luas 8.000 meter persegi di Jalan SOR GBLA, Kecamatan Gedebage, sebagai upaya mengatasi banjir.

“Pada dasarnya fungsi dari kolam retensi ini untuk menyerap luapan air dari Sungai Cinambo dan saluran air di perumahan-perumahan. Karena memang Gedebage merupakan cekungan paling rendah dari wilayah Bandung,” ujar Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meninjau lokasi rencana pembangunan, Senin (12/8/2019).

Baca Juga:  HUT RI ke-76, 205 WBP Lapas Purwakarta Dapat Remisi dan Satu Orang Bebas

Yana berharap, kolam retensi di Jalan SOR GBLA sudah dapat berfungsi saat musim hujan tiba. Sehingga banjir yang biasanya melanda kawasan Gedebage bisa diminimalisir.

Saat ini, proses pembangunan kolam retensi masih dalam tahap perancangan. Namun Yana meminta agar proses perancangan segera dituntaskan.

Baca Juga:  Segini Kuota Jamaah Haji 2022 Untuk Kabupaten Purwakarta

“Ini manfaatnya besar sekali. Kita berharap secepatnya dapat dikerjakan. Karena sebentar lagi sudah masuk musim hujan,” tegas Yana.

Sementara itu, Camat Gedebage Dodit Ardian Pancapana menyebutkan, rancangan kolam retensi ini secara swadaya dengan melibatkan warga Kelurahan Rancabolang Gedebage.

“Dalam upaya penanganan banjir ini, untuk efisiensi waktu, kami melibatkan potensi dari masyarakat. Beberapa kalangan profesional bersedia membuat rancangan kolam retensi ini untuk nantinya diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum,” ujar Dodit.

Baca Juga:  Kapolda Jabar Ucapkan Terimakasih Untuk Polisi yang Mengamankan Lebaran 2022

“Setelah rancangan selesai dan diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, maka harapannya bisa langsung dikerjakan,” imbuhnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat