Pemkot Bandung Sebar 500 CCTV Dipantau Langsung dari BCC

JABARNEWS | BANDUNG – Kota Bandung akan menjadi salah satu kota yang akan dilengkapi  banyak Closed Circuit Television (CCTV) di area publik khususnya dalam mengawasi lalu lintas (lalin) atau traffic light.

Terhitung sebanyak 500 Closed Circuit Television (CCTV) dimiliki dan dipasang di Kota Bandung. Seluruh CCTV tersebut telah terkoneksi ke Bandung Command Center (BCC).

“Hampir 500 CCTV berada di Kota Bandung, 200 di dalamnya dimiliki oleh Diskominfo. Semua terkoneksi dengan BCC,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung (Diskominfo), Anton Sunarwibowo, pada acara Bandung Menjawab, Selasa (13/8/2019).

Baca Juga:  Rekaman Dua Bocah SD Berduel Disaksikan Pelajar SMP Viral di Kota Sukabumi

Ia menegaskan, Diskominfo sebagai penggagas Bandung Command Center (BCC) pun memiliki tugas untuk memonitor keadaan Kota Bandung dengan menggunakan CCTV. 

Namun Anton mengakui, untuk menjangkau seluruh wilayah Kota Bandung memang bukan hal mudah. Karena itu ia berharap ada peran serta dari kewilayahan untuk memiliki CCTV. Dengan begitu,  bisa memberi bantuan bagi wilayah khsusnya memonitor lingkungan sekitar. 

Baca Juga:  Menanti Kiprah Politik Gatot Nurmantyo

“Idealnya butuh jumlah CCTV yang banyak dengan intensitas yang banyak juga. Harapan kita tiap persimpangan ada CCTV untuk memonitor kemacetan dan sebagainya,” kata Anton.

Saat ini Pemkot Bandung juga membantu kepolisian untuk mengetahui adanya tindak kejahatan.  Sebelumnya, untuk penempatan lokasi pemasangan kamera tersebut, Diskominfo selalu berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung. 

Fokus utama pemasangan ‎dilakukan pada sejumlah titik yang dinilai menjadi daerah rawan terjadi kriminalitas.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Jelaskan 3 Langkah Pemprov Jabar Kendalikan Covid-19

Wali Kota Bandung Oded M Danial memastikan Pemkot Bandung akan terus berusaha membantu kepolisian dalam menekan tindak kejahatan. Salah satunya dengan menambah CCTV di Kota Bandung.

“Kemarin saya sudah berbicara dengan Pak Kapolrestabes. Kita memang tengah menghadapi dinamika kerawanan keamanan. Kita akan terus meningkatkan kewaspadaan, salah satunya menambah jumlah CCTV seperti yang diinginkan polisi,” pungkas Oded beberapa waktu lalu. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat