Robograss, Robot Pembasmi Rumput Liar Otomatis Karya Mahasiswa ITB

JABARNEWS | BANDUNG – Tiga mahasiswa tingkat akhir Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)-ITB program studi Teknik Elektro yang terdiri dari Tafriyana, Syifauqulub A.N, dan M. Farhan A., berhasil menciptakan robot pembasmi rumput liar otomatis yang dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan bantuan sinyal wi-fi, bernama Robograss.

Dengan Robograss , pembasmian rumput liar yang kerap ada di lapangan sepakbola bisa lebih efisien dan memakan waktu yang singkat.

Di bawah bimbingan Dr.Ir.MervinTangguar Hutabarat M.Sc, robot tersebut mereka buat dengan menggunakan teknologi laser sebagai pembasmi rumput liar yang pergerakannya dikendalikan oleh user menggunakan pengendali laptop dari jarak jauh.

Baca Juga:  Lapas Kelas IIB Purwakarta Bekali Warga Binaan Keterampilan Tata Boga

User dapat memilih rumput yang akan dibasmi melalui tampilan yang ada di layar laptop yang dikirimkan oleh Robograss kemudian user yang akan menentukan apakah rumput tersebut akan dibasmi melalui laser yang dipasang di robot.

Dalam mendukung aksinya, Robograss sendiri menggunakan baterai lithium-polymer 10.000 mAh yang mampu menampung energi untuk penggunaan alat hingga 3 jam dan mode standby hingga 6 jam.

Baca Juga:  Kepergok Buang Limbah Pabrik, Tiga Orang Asal Cianjur Ngaku Diberi Upah Rp 150 ribu

Selain itu, kelebihan yang dimiliki oleh Robograss adalah pembasmian rumput yang tidak merusak tanaman rumput asli karena dikendalikan oleh user dalam jarak 10-15 meter.

“Untuk kedepannya, Robograss dapat ditargetkan mampu dikendalikan dalam jarak lebih dari 100 meter,” ujar M. Farhan A dikutip dari itb.ac.id.

Robograss memiliki prinsip kerja yaitu nyalakan, arahkan dan basmi. Efektivitasnya kerjanya tergantung dari user sendiri sebagai pengguna yang menggendalikan robot.

Baca Juga:  Hari Pramuka Ke-60, Pemkab Purwakarta Luncurkan Program Ini

Farhan menambahkan, fokus kedepan dari pengembangan Robograss adalah kepada pengembangan jarak antara robot dan user serta sistem kendali yang lebih baik lagi.

Robograss sendiri sudah diujicoba di Lapangan Saraga ITB dan berfungsi dengan baik. Selain itu, Robograss juga sudah dipamerkan dalam kegiatan STEI Electrical Engineering Days 2019 di Kampus ITB pada 5-7 Agustus 2019 lalu. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat