Asik.. RW di Purwakarta Bakal Bisa Teleponan dengan Gubernur Jabar

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 1.045 Ketua Rukun Warga (RW) di 183 desa yang ada di Kabupaten Purwakarta bakal diberi fasilitas handphone (HP) dan pulsa dari Bantuan Provinsi (Banprov) 2019. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi melalui teknologi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Purwakarta, Pandadinata mengatakan, fasilitas telepon pintar bagi para ketua RW tersebut merupakan wujud program Sapa Warga yang digagas Gubernur Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga:  WNI Dilarang Ke Israel, Ini Ruginya

“Jadi RW dan kades yang akan menerima bantuan fasilitas telepon pintar (smartphone) itu, nantinya akan disisipkan aplikasi Sapa Warga dalam fasilitas smartphone yang diberikan Pemprov Jabar tersebut,” kata Panda sapaan karibnya, Rabu (14/8/2019).

Dengan adanya aplikasi Sapa Warga pada setiap smartphone tersebut, lanjut dia, kepala desa, ketua RW, dan masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi, informasi, hingga aduan langsung kepada Gubernur Jabar ataupun kepada bupati.

Baca Juga:  Brigade 01 Jawa Barat, Siap Menangkan Jokowi-Amin

“Dengan smartphone tersebut, Ketua RW bisa komunikasi langsung dengan Gubernur Jabar. Nah soal pengadaannya diserahkan langsung ke setiap desa, jadi kami nanti terima rekap nomor HPnya saja dan akan kami laporkan kembali ke Pemprov Jabar,” kata Panda.

Berdasarkan informasi yang diterima, HP yang akan diberikan adalah smartphone android. Kisaran harganya Rp 1,3 juta. Selain HP, RW juga akan diberi Rp 50 ribu per bulan selama enam bulan, untuk pembelian pulsa.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas, Pendamping Desa Gelar Rakorcab

Panda menilai, pemberian HP akan membantu sebagai penunjang kinerja para ketua RW. Terutama dalam hal pelayanan masyarakat.

“Diharapkan fasilitas yang diberikan Gubernur ini bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di lingkup desa dengan baik dan cepat melalui komunikasi,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat