bjb

Cegah Radikalisme, Ratusan Pelajar di Bandung Ikuti Wawasan Kebangsaan

Ratusan pelajar dalam kegiatan milenial cerdas berkebangsaan dengan tema 'Pancasila Jiwa Kami'. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Pelajar merupakan kelompok usia remaja yang masih labil serta mudah penasaran dengan sesuatu yang baru dalam menemukan eksistensi diri. Kondisi ini tak pelak mudah diberi pengaruh yang negatif oleh pihak-pihak tertentu, termasuk pengaruh paham radikalisme.

Ratusan pelajar SMA/SMK di Kota Bandung, menghadiri kegiatan milenial cerdas berkebangsaan dengan tema 'Pancasila Jiwa Kami' yang digelar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (15/8/2019).

Dalam kegiatan itu, para pelajar diberikan pemahaman soal kebangsaan sebagai upaya penangkalan paham radikalisme di para pelajar.

"Kita berikan pemahaman tentang pancasila secara utuh agar generasi milenial punya wawasan tidak mudah terprovokasi, tidak mudah tertanam rasa kebencian terhadap negara kita ini. Jadi betul-betul memahami, menanami arti pancasila serta mereka akan menuju Indonesia emas," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, di lokasi kegiatan.

Irman menuturkan, paham radikal yang menyasar para pelajar perlu di antisipasi. Dengan upaya ini diharapkan para pelajar khususnya kota Bandung, dapat turut menjaga persatuan dan berkebangsaan.

"Dengan kegiatan ini menghindari radikalisme pelajar. Kami antisipasi tentunya dan berkerja sama dengan instansi lainnya untuk kerja sama menanamkan pilar bangsa kita," ucap dia.

Baca Juga:

Kemendesa Dorong Peran LKD Peduli Sungai Citarum

Menhan Ajak Perangi Ideologi yang Bertentangan dengan Pancasila

Sementara itu, Plh Wali Kota Bandung Yana Mulyana  yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan, dengan memberikan pemahaman tentang bahayanya radikalisme,  diharapkan para pelajar di kota Bandung dapat menjadi pemimpin yang miliki rasa kebangsaan. 

"Ini tentunya pemkot apresiasi bagaimana kita semua berupaya menangkal paham radikalisme atau paham lain yang kiranya bisa menggabung kondusifitas kota Bandung," kata Yana

"Mudah-mudahan kaum milenial bisa jadi pemimpin bangsa dan sudah dibekali kecintaan pancasila secara utuh," tambahnya.

Penangkalan paham terosisme dan radikalisme tepat untuk dilaksanakan saat ini terutama bagi para pelajar. Pelajar wajib mengetahui wawasan tentang bahaya terorisme dan radikalisame bagi keberlangsungan NKRI. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Pelajar Bandung Cegah Radikalisme Pemkab Bandung Pancasila

berita terkait

Asyik! Lahir 1 Juli Bisa Dapat SIM Gratis di Polres Purwakarta

Pemkab Bandung Wacanakan Gunung Wayang Menjadi Tahura

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi