aqua

Eceng Gondok Ganggu Lalu Lintas Danau Jatiluhur

Hamparan eceng gondok ini menghambat sinar matahari yang masuk kedalam permukaan dasar air.

Petani KJA yang hendak melakukan aktivitas terlambat akibat eceng gondok. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Eceng gondok atau sering disebut gulma tampak merusak pemandangan lingkungan perairan di danau Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Tidak hanya merusak pemandangan, eceng gondok juga mengganggu alur danau Jatiluhur dan menghalangi lalu lintas perahu tradisional. Hal tersebut dikeluhkan pemilik perahu yang sering digunakan transportasi air dari Kecamatan Jatiluhur menuju Kecamatan Jatiluhur.

Baca Juga:

Ngantuk, Bocah SMP Di Purwakarta Tewas Tertabrak Kereta

Terus Bergulir, Giliran Komunitas Di Purwakarta Dan Subang Tolak Cagar Alam Berubah Status



"Sangat terganggu sekali dengan eceng gondok ini,setiap kali mau mentas ke Kilalawang, sulit bahkan tidak bisa lewat soalnya penuh sama eceng gondok. Pernah saya gak bisa jalan keras macet mesin parahunya gak kuat nedorong akibat eceng gondok," jelas pemilik perahu, Otong Jaelani (46), saat ditemui di pinggir danau Jatiluhur, Kamis (14/8/2019).

Ia menambahkan, bahkan warga yang hendak menyebrang ke wilayah Galumput dan Kilalawang gak bisa, soalnya perahu gak bisa bersandar di dermaga kilalawang.

"Beberapa waktu lalu kami pernah bersama warga menyingkirkan tumbuhan yang mengapung di air itu ke pinggir, tapi tiba-tiba kembali ke tengah karena perkembangbiakan sangat cepat," kata Otong.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Eceng Gondok Danau Jatiluhur Kolam Jaring Apung Purwakarta

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi