Gojek Bersama Baznas Mudahkan Pengguna GoTix Berkurban

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ingin mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk berkurban. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Baznas menggandeng platform digital dengan Grup Gojek, memanfaatkan GoTix, layanan platform on-demand terkemuka untuk penyedia tiket di Indonesia.

Mulai 12 Juli 2019 hingga perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H pada 11 Agustus 2019, para pengguna GOJEK akan memperoleh kemudahan akses dalam mengikuti kegiatan dan menjalankan ibadah kurban melalui program “Berkah Iduladha”. Hal ini sejalan dengan upaya GoTix untuk terus membuka akses masyarakat ke berbagai event di tanah air.

Memanfaatkan kolom “Berkah Idul Adha” di platform GO-TIX yang tersedia baik di aplikasi GOJEK maupun laman go-tix.id, masing-masing laznas akan menawarkan berbagai pilihan kegiatan yang memudahkan para pengguna untuk menjalankan ibadah kurban.

Selain Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) badan resmi yang dibentuk oleh pemerintah, sejumlah laznas yang bekerja sama dengan GOJEK pada program “Berkah Iduladha” adalah Rumah Zakat, Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (NU Care-LazisNU), Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu), dan Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli). Jumat (9/8/2019)

Baca Juga:  Waspada, Toilet Umum Dapat Tularkan Kanker Serviks

Kristy Nelwan, Vice President Corporate Communications Gojek menyampaikan, sejak tahun lalu pemanfaatan GoTix dalam kegiatan berkurban selalu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

“Pemanfaatan inovasi digital untuk pembayaran kurban tidak hanya memudahkan masyarakat dan meningkatkan transparansi, tetapi dapat semakin memberikan dampak sosial yang diperoleh dari potensi ekonomi kurban di Indonesia. Setelah sebelumnya bekerja sama dengan Rumah Zakat, kini kami memperluas kolaborasi dengan BAZNAS, NU Care-LazisNU, Lazismu, dan DT Peduli. Kami percaya dengan kerja sama ini, pengguna dapat terus dimudahkan oleh ekosistem Gojek, mulai dari transaksi sehari-hari hingga berbuat kebaikan ” ungkap Kristy.

Beragam pilihan paket berkurban tersedia di GoTix, baik dalam aplikasi Gojek maupun laman go-tix.id. Dalam kolom khusus “Berkah Iduladha” di platform tersebut, pengguna Gojek dapat memilih mengikuti paket kegiatan yang disediakan tiap laznas, dari Kurban Berdayakan Desa oleh BAZNAS, Rumah Zakat Rayakan Superqurban oleh Rumah Zakat, Nusantara Berkurban oleh NU Care-LazisNU, Qurban untuk Kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Lazismu, atau Qurban ke Pelosok Negeri oleh DT Peduli.

Baca Juga:  PT Indocement Tunggal Prakarsa Kunjungi Ponpes serta Panti Asuhan Selama Ramadhan

Khusus pada rentang tanggal 11-14 Agustus 2019, pengguna GOJEK dapat mengikuti acara pemotongan hewan Qurban atau penyaluran daging Qurban yang diselenggarakan para lembaga tersebut di ribuan titik di berbagai daerah.

Dengan teknologi GoTix, pengguna dapat memilih untuk mengikuti berbagai pilihan paket kurban yang ditawarkan laznas, dari satu ekor kambing, hingga satu ekor sapi baik secara berjamaah maupun secara individual. Selain itu, pengguna GoTix dapat mengikuti berbagai kegiatan kurban lainnya cukup dengan Rp5.000 atau pun kelipatannya.

“Teknologi Gojek memudahkan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan kurban yang diselenggarakan lembaga-lembaga tersebut, mulai dari yang senilai Rp5.000. Apalagi, pembayaran di GoTix ditunjang dengan proses transaksi yang cepat dan praktis melalui beberapa pilihan pembayaran, seperti GO-PAY yang dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu menit, atau transfer,” katanya.

Tahun ini merupakan tahun ke-empat Rumah Zakat bekerja sama dengan Grup Gojek melalui GoTix dan tahun kedua untuk BAZNAS dengan tujuan memfasilitasi pengguna untuk mengakses kegiatan program yang diselenggarakan kedua lembaga tersebut dengan menggunakan GoTix.

Di awal tahun 2019, Grup Gojek melalui Gojek dan GO-PAY pun menjalin kerja sama strategis dengan Lazismu, Lembaga Amil Zakat Nasional di bawah Pengurus Pusat Muhammadiyah; NU Care-LazisNU, Lembaga Amil Zakat Nasional di bawah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama; serta Yayasan Daarut Tauhiid. Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya untuk mengakselerasi digitalisasi ekonomi umat, antara lain melalui fasilitasi pembayaran zakat, infaq, dan sedekah secara non-tunai; digitalisasi ekosistem jaringan organisasi, masjid dan sekolah; serta pelatihan Gojek Wirausaha bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah binaan masing-masing lembaga tersebut.

Baca Juga:  Soroti Masalah Pertanian, DPRD Jabar Minta Peran Pelayanan Balai Dioptimalkan

Data BAZNAS tahun 2018 menyebutkan bahwa potensi ekonomi kurban Indonesia dapat mencapai Rp 60 triliun, yang tidak hanya memberikan dampak bagi kesejahteraan peternak tetapi juga meratanya pendistribusian daging kurban ke masyarakat desa ataupun yang membutuhkan.

“Kami berharap pengguna Gojek dapat terfasilitasi dalam menjalankan ibadah kurban melalui lembaga-lembaga ini, sehingga mendapatkan keberkahan Hari Raya Iduladha secara optimal. Kiranya dengan kemudahan serta inovasi yang diberikan, semakin banyak hewan kurban yang dapat dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” pungkas Kristy. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat