Ribuan Warga Akan Serbu GBLA Dalam Aksi Bebersih Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Ada beragam cara untuk mewujudkan kota yang apik, bersih, dan nyaman. Satu di antaranya dilakukan antara Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung dan warga. Dalam gerakan beberesih kota dan menabung air di kawasan Gedebage, ribuan warga akan melakukan gotong royong pada 24 Agustus mendatang.

Ketua LPM Kota Bandung, Merdi Hajiji, menuturkan pembersihan kawasan Gedebage akan menyasar sejumlah aset Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung seperti Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan lahan yang rencananya bakal dibuat kolam retensi.

Baca Juga:  Penyanyi Justin Bieber Beberkan Kondisi Wajahnya yang Lumpuh Sebagian, Konser di Indonesia Terancam Batal

Termasuk di sejumlah titik dekat aliran sungai yang berpotensi terjadi penyumbatan atau luapan air.

“Kami akan mengadakan gerakan masyarakat yaitu beberesih kota di GBLA. Kita akan memanfaatkan lahan-lahan Pemerintah Kota yang ada di dekat GBLA dalam rangka menabung air.

Kegiatannya Insya Allah akan menghadirkan masyarakat dari 151 kelurahan Kota Bandung. Kita hadirkan perwakilan 20 orang per kelurahan. Sehingga akan hadir kurang lebih 3.200 orang,” ucap Merdi di Balai Kota Bandung.

Baca Juga:  Ingin Terhindar Dari Jerawat? Konsumsi Makanan Ini

Lebih lanjut Merdi menuturkan, pemilihan beberesih kota di kawasan Gedebage ini menjadi langkah antisipasi menghadapi musim hujan. Sebab, wilayah tersebut kerap terjadi genangan air dan banjir ketika musim hujan.

Dalam pelaksanaannya, rencananya dalam gerakan massa nanti, LPM akan mengajak peserta untuk membuat kerangka kolam retensi. Lalu membuat drum pori di beberapa titik. Hal itu diyakininya bisa menjadi solusi sebagai resapan saat musim hujan sekaligus menambah cadangan air ketika musim kemarau.

Baca Juga:  Bekasi Favorit Investasi

Menurutnya, pemilihan kawasan Gedebage ini sudah melalui perbincangan cukup panjang. Sehingga hal ini tidak terkait dengan maraknya pemberitaan terhadap kondisi stadion GBLA.

“Jauh hari sebelumnya kita sudah merencanakan bagaimana akan beberesih di GBLA hanya momentum belum pas dan kita masih berkoordinasi dengan pemerintah kota,” pungkasnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat