Jelang Pilkades Serentak, Calon Kades di Cianjur Wajib Tes Urine

JABARNEWS | CIANJUR – Demi mendapatkan bakal calon ataupun calon kepala desa bersih dari narkoba, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mewajibkan calon kepala desa yang maju dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2020, untuk menjalani tes urine.

“Ini dilakukan untuk memastikan bakal calon ataupun calon kepala desa bersih dari penyalahgunaan narkoba baik jenis sabu-sabu, ganja, obat-obatan terlarang lainnya,” kata Herman pada wartawan Jumat (16/8/2019).

Baca Juga:  Dinkes: Utang Ke Rumah Sakit Dibayar Bertahap

Tes urine ungkap dia, menjadi salah satu keharusan ataupun tes lainnya guna memastikan setiap calon yang akan maju dalam Pilkades, bebas dari narkoba dan perbuatan melanggar hukum lainnya.

“Kepala desa harus menjadi pelopor dalam gerakan Cianjur bebas narkoba dengan setiap desa yang juga bersih dari narkoba. Beberapa waktu lalu kepala desa melakukan deklarasi serentak menyatakan diri sebagai desa bersih narkoba,” ujarnya.

Baca Juga:  Jurnalis Perempuan Jadi Korban Pelecehan Seksual Fisik, LBH Pers dan AJI Jakarta Desak Pelaku Ditangkap

Program tersebut, tambah dia, harus terus berlanjut setelah nanti terpoilih sebagai kepala desa pada Pilkades 2020.”Program tersebut harus berkelanjutan, sebagai upaya menjadikan Cianjur bebas narkoba,” jelasnya.

Ketua DPC Apdesi Cianjur, Beni Irawan, mengatakan para kepala desa sepakat untuk turut menjadi kepanjangan tangan dari setiap instansi yang berwenang dalam pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga:  PT KAI Buka Lowker untuk Lulusan SMK hingga S1, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

“Kami sudah satu tujuan untuk ikut memberantas narkoba, jangan sampai Cianjur rusak karena peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Tidak hanya dalam deklrasi tapi juga melakukan tindakan nyata di lapangan,” katanya.

Bila nantinya hasil tes urine tersebut positif narkoba, maka calon kepala desa yang bersangkutan dinyatakan gugur dalam kepesertaan pada pesta demokrasi mendatang. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat