bjb

Meriahkan HUT RI, Satgas Citarum Harum gelar Lomba KJA

Tim penilai lomba KJA saat melakukan penilaian langsung dengan mengunjungi KJA peserta lomba. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Guna memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (HUT RI), Satgas Citarum Harum Sektor 14 Jatiluhur menggelar Lomba Sadar Kebersihan dan Kelengkapan Kolam Jaring Apung (KJA).

Pesertanya perwakilan KJA yang ada di Sektor 14, yakni meliputi 15 desa dan tiga kecamatan. Di mana dari tiap-tiap desa akan dinilai sebanyak dua KJA, sehingga total ada 30 KJA terpilih yang mengikuti lomba tersebut.

Salah satu peserta lomba, Taufik mengatakan, lomba ini murupakan sebuah motivasi bagi para petani ikan dan pemilik KJA yang berada di perairan Danau Jatiluhur.

“Dengan diadakannya lomba KJA ini, kami selaku pemilik KJA juga petani ikan, sangat mendukung dan mengapresiasi. Ini sebuah motivasi bagi para petani dan pemilik KJA untuk sadar akan kebersihan,” ujarnya, Jumat (16/8/2019).

Di lokasi yang sama salah satu Tim Peneliti KKP Dr Amula Nurfiarini menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi lomba KJA yang diinisiasi Satgas Citarum Harum Sektor 14 Jatiluhur.

“Ini ide yang sangat kreatif. Sederhana tapi sangat bermakna. Pemenang lomba ini bisa dijadikan role model bagi petani lainnya, atau bahkan bisa menjadi standar KJA yang layak dan sehat," singkatnya.
Baca Juga:

Eceng Gondok Ganggu Lalu Lintas Danau Jatiluhur

Asyik! Naik Kereta Api di Hari Kemerdekaan Gratis


Untuk diketahui, proses penilaian dilakukan secara langsung dengan mendatangi ke-30 KJA tersebut. Tim Penilai terdiri dari unsur Dinas Periakan dan Peternakan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan perwakilan KKP Balai Riset Pemulihan Sumberdaya Ikan, serta Tim Peneliti Bidang Pengelola Perikanan. Penilaian dilakukan selama dua hari, Selasa (13/8/2019) dan Rabu (14/8/2019).

Ada pun kriteria penilaian meliputi administrasi yakni kelengkapan data pribadi KTP, KK, hingga catatan produksi ikan. Kemudian terkait ramah lingkungan, meliputi kebersihan dan keindahan KJA, jenis pakan, jenis ikan, hingga binatang peliharaan lainnya.

Kriteria lainnya adalah, keamanan sekitar KJA meliputi, kelayakan dan ukuran KJA, kelayakan penerangan, peruntukkan rumah jaga, dan ketersediaan K3. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Satgas Citarum Harum Lomba KJA HUT RI Kolam Jaring Apung
properti

berita terkait

Hari Pramuka ke 58, Ini Pesan Kapolres Purwakarta

Berkorban untuk Kepentingan Bangsa dan Negara

Puluhan Pelukis Ikuti Festival Merah Putih 2019

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi