DPPKB Purwakarta Bersama Kodim 0619 Wujud Sinergitas Pengelola KB

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bertemakan Pencanangan bakti sosial TNI manunggal TNI KB kesehatan wujudkan sinergitas pengelola KB terintegrasi menuju ketahanan keluarga berkualitas.

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta bersama TNI dari Kodim 0619 Purwakarta mencanangkan program Manunggal Keluarga Berencana dan Kesehatan tingkat Kabupaten tahun 2019 sebagai implementasi dari kerja sama kedua instansi tersebut dalam penguatan kependudukan.

“Saya sangat berharap melalui kegiatan kerja sama seperti ini akan menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya ketahanan keluarga sebagai kekuatan mendasar dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional,” kata Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho, saat ditemui usai kegiatan tersebut, Selasa (13/8/2019).

Baca Juga:  Petugas Temukan Nelayan Pantai Cermin yang Tenggelam Diterjang Ombak

Menurut Yogi, keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan meningkatkan derajat ketahanan nasional serta mampu memberikan jaminan terhadap kesinambungan pembangunan nasional.

“Pada akhirnya melalui program KKBPK ini akan mampu secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Baca Juga:  Lewat Jabar International Marathon, Ridwan Kamil Perkuat Sport Tourism

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Purwakarta, H.Aming, mengatakan TNI merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program keluarga berencana sehingga dapat menekan angka kelahiran di Indonesia, khususnya di Purwakarta.

“Di Kabupaten Purwakarta TNI telah membantu BKKBN dengan melibatkan Babinsa dan tenaga lini lapangan yaitu Petugas Penyuluh KB atau PLKB. Dengan adanya pemaduan dan integrasi kegiatan yang sinergis dengan TNI dan lintas sektor lain, baik lembaga eksekutif dan legislatif daerah, LSM, sektor swasta serta tokoh agama dan masyarakat, maka dapat memperkuat kembali program KKBPK di lapangan,” ucap Aming.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ingin TNI dan Polri Wujudkan Mudik Aman dan Sehat di Jabar

Dengan begitu, lanjut dia, akan berdampak terhadap peningkatan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan dan perekonomian.

“Sehingga Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera melembaga dengan baik. Kami berharap kerja sama ini dapat terus kuat terjalin dan ditingkatkan,” pungkas Aming. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat