bjb
itcbet

Inilah 100 Perguruan Tinggi Non-Vokasi dengan Ranking Tertinggi di Indonesia

Ilustrasi. Kemenristekdikti merilis klasterisasi daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia 2019. Hasilnya ITB, UGM, dan IPB memuncaki skor perguruan tinggi terbaik. (Foto: Antara)

JABARNEWS | BANDUNG - Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) secara resmi mengeluarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2019. Hasil tersebut memperlihatkan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati tiga besar rangking tertinggi versi klasterisasi Kemenristekdikti tahun 2019.

Menristekdikti, Mohamad Nasir mengatakan klasterisasi perguruan tinggi sengaja dilakukan sebagai pemetaan dalam peningkatan kualitas perguruan tinggi.

Baca Juga:

Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa di Gedung Sate

Ineu: Peningkatan APK Diperlukan Untuk Tingkatkan Kualitas SDM



"Tujuan kami ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia. Dorongan ini menjadi sangat penting. Kalau kita sudah sampaikan ini, kita bisa lakukan pemetaan. Tujuannya pemetaan perguruan tinggi Kemenristekdikti bagaimana membuat kebijakan masing-masing yang ada di perguruan tinggi nanti, supaya nanti ke depan kita bisa mewujudkan perguruan tinggi berkualitas," ujar Nasir dalam keterangan resmi di situs Kemenristekdikti.

Kemenristekditi menyatakan pemeringkatan klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2019 berfokus pada indikator yang berbasis Output-Outcome Base. Indikator itu di antaranya dengan melihat Kinerja Masukan dengan bobot 40 persen yang meliputi kinerja Input (15 persen) dan Proses (25 persen). Selain itu terdapat penilaian Kinerja Luaran dengan bobot 60 persen yang meliputi Kinerja Output (25 persen), dan Outcome (35 persen).
Halaman selanjutnya
Tags : Kemenristekdikti Perguruan Tinggi Institut Teknologi Bandung Universitas Gadjah Mada Institut Pertanian Bogor

berita terkait

Grab Wheels Kini Hadir di Kampus Ganesha ITB

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi