bjb

Mahasiwa Papua di Gorontalo Kecam Tindakan Rasisme Dengan Aksi Damai

Aksi damai mahasiswa Papua di Gorontalo yang mengecam keras tindakan rasisme menyusul rusuh di Manokwari, Senin (19/8/2019). (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | GORONTALO - Para mahasiswa Papua di Gorontalo mengecam tindakan rasisme dengan melakukan protes melalui aksi damai, Senin (19/8/2019).

Aksi damai yang digelar di Asrama Papua yang terletak di Kelurahan Wongkaditi, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo itu diikuti puluhan mahasiswa.

Mereka mengecam insiden kekerasan dan pengusiran terhadap teman-teman mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur, pada 16 Agustus 2019. Tindakan kekerasan itu dinilai sebagai bentuk persekusi, diskriminatif dan juga rasis.

“Itu merupakan tindakan yang rasis serta diskriminatif,” ujar Owen salah satu korlap aksi damai, dilansir dari laman hulondalo.id.

Selain kekerasan fisik, para mahasiswa Papua di Jawa Timur juga dibuli secara verbal. Mereka dikatai hewan, seperti anjing, babi dan monyet.

Baca Juga:

Puluhan Mahasiswa Berprestasi Asal Papua Dapat Beasiswa di IKOPIN

Kodim Bogor Gelar Komsos kepada mahasiswa dan Santri Papua

Atas perlakuan ini Owen mengecam dan mengatakan bahwa mereka sejatinya adalah manusia yang patut untuk dihargai.

“Saudara-saudara kita di sana dikatai monyet, anjing, babi dan mereka menyuruh orang Papua yang ada di Surabaya untuk pulang ke Papua,” ujarnya.

Owen berharap, pemerintah dapat mengusut masalah tersebut sehingga insiden serupa tidak terulang dikemudian hari. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Mahasiswa Papua Aksi Damai Rasisme

berita terkait

Mahasiswa Papua di Bandung Unjuk Rasa Dengan Berjalan Kaki

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi