Emil Nilai Pemekaran Desa di Jabar Perlu Dilakukan

Idealnya, Jabar memiliki 40 daerah tingkat dua.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG - Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil (Emil) menilai pemekaran desa menjadi salah satu solusi atas dimoratoriumnya usulan beberapa daerah otonomi baru tingkat dua di Jabar oleh pemerintah pusat.

Emil mengatakan bahwa pemekaran desa dapat membuat pelayanan publik efektif dan efisien, terlebih perhatian Pemerintah Provinsi Jabar tertuju pada pembangunan desa.

Baca Juga:

Draft RUU Pemilu Dinilai Halangi Ridwan Kamil dan Anies Baswedan

Dicari 5000 Petani Muda Jabar untuk Diberi Modal, Kata Ridwan Kamil



"Bisa dipastikan rakyat ingin jalan mulus, mengurus KTP cepat, mereka tidak begitu peduli apa nama daerahnya, yang penting menyentuh langsung kepada rakyat. Maka, solusinya menurut saya pemekaran desa," kata Gubernur Emil dalam acara Ess-Dua Discussion Club (EDC) di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/8/2019).

Emil menjelakan, jika bisa desa di Jabar jumlahnya 10.000, dimana satu desa dapat bantuan yang lebih besar dan masyarakat desa akan merasakan manfaat yang lebih besar juga.

Menurut dia, alasan moratorium DOB oleh Kemendagri karena mayoritas daerah tingkat dua yang dimekarkan tidak begitu berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Ridwan Kamil Pemekaran Desa Daerah Otonomi Baru Pemprov Jabar

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi